Hindari Minum Air Putih Secara Berlebihan, Ini Ancamannya Bagi Kesehatan

Minum Air Putih
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Minum air putih memang dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Tidak heran, banyak orang yang mengonsumsinya setiap hari. Apalagi dalam keadaan kurang cairan dan dehidrasi, biasanya akan membuat sebagian orang banyak minum air putih untuk mengatasinya.

Tapi perlu Anda ketahui, banyak minum memang tidak jadi masalah. Namun, apabila Anda terlalu berlebihan. Maksudnya, di saat Anda belum membutuhkan air tapi Anda mengonsumsinya secara banyak maka itulah yang bisa mengganggu kesehatan Anda.

Terlalu banyak minum air bisa menyebabkan overhidrasi atau terlalu banyak cairan di dalam tubuh, ini juga berbahaya. Minum terlalu banyak air putih dapat menyebabkan keracunan air atau hiponatremia.

Pada beberapa kasus, keracunan air dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kejang, koma, bahkan kematian. Terlalu banyak memberikan air dalam tubuh dapat menyebabkan kadar natrium dalam darah menjadi rendah. Ini membuat semua sel menjadi membengkak.

Menurut Tamara Hew-Butler, DPM, PhD, profesor ilmu kedokteran di Universitas Oakland mengatakan, tubuh merasa haus dan keinginan minum air putih semakin besar, karena mereka takut akan dehidrasi dan punya cara untuk melindungi diri dari itu. Karena itulah, wajar jika beberapa orang merasa haus terus-terusan.

“Semakin banyak Anda butuh air putih, semakin haus Anda,” kata Hew-Butler.

Salah satu tanda apakah Anda terlalu banyak minum air adalah dengan melihat warna urin. Urin yang sehat berwarna kuning bening. Namun, beberapa orang percaya bahwa semakin bening akan semakin sehat. Itu belum tentu benar. Warna urin tanpa warna mungkin pertanda Anda terlalu banyak minum air.

Selain itu, kebanyakan orang buang air kecil sekitar enam hingga delapan kali per hari. Namun, jika lebih dari sepuluh kali sehari, itu artinya tubuh mengalami kelebihan air dari yang dibutuhkan.

Menurut Hew-Butler, gejala overhidrasi terlihat mirip dengan dehidrasi. Bila minum terlalu banyak air, ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan cairan dan air terkumpul dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan diare.

Terlalu banyak minum air juga membuat otak membesar dan menekan tulang. Ini menyebabkan sakit kepala dan berujung pada masalah kesehatan serius seperti gangguan pada otak dan kesulitan bernafas.

Tidak hanya itu, terlalu banyak minum air dapat membuat perubahan pada tangan, bibir, dan juga kaki. Ini terjadi akibat adanya kelebihan air di dalam darah.

Otot keram dan merasa lelah juga bisa terjadi akibat terlalu banyak konsumsi air. Ini karena ginjal bekerja jauh lebih keras daripada sebelumnya. Untuk itulah, sebaiknya minum air secukupnya saja. Karena semua hal yang berlebihan itu tidak baik. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.