Hindari Ponsel Meledak, Lakukan 5 Trik Ini

Ponsel meledak
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.com – Saat ini banyak sekali terjadi kasus ponsel meledak. Tidak hanya
orang dewasa, anak-anak pun bisa jadi korbannya. Seperti yang menimpa bocah asal Tiongkok menjadi sorotan publik pada pekan ini. Bocah tersebut terluka parah akibat ledakan ponsel Hua Tang VT-V59 yang sedang diisi dayanya.

Ternyata kasus ponsel meledak itu berhubungan dengan baterai ponsel. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar kejadian ponsel meledak tidak terjadi pada keluarga Anda. Hal apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Isi Daya dengan Benar
Pertama, yang paling ideal adalah menggunakan charger yang disediakan oleh vendor ponsel yang Anda miliki. Jangan lupa untuk melepas kabel saat ponsel selesai diisi. Apabila ponsel kepanasan maka dapat mengakibatkan kongslet yang dapat berujuk pada ledakan.

Letakkan Ponsel di Tempat yang Aman Ketika Mengisi Daya
Kadang kala orang-orang sering begitu kecanduan dengan ponsel mereka, sampai-sampai ada yang sering menggunakannya di kasur sebelum tidur.

Bahkan saat mereka tertidur pun, ponselnya malah diletakkan di kasur. Yang berbahaya adalah saat memainkan atau menaruh ponsel di kasur sementara ponsel sedang tersambung kabel untuk mengisi daya.

Jangan Sampai Ponsel Panas
Ponsel yang kepanasan juga dapat memicu ledakan. Salah satu cara untuk mengantisipasi hal ini, selain mencegah pengisian daya yang berlebih, adalah melepas lapisan ponsel agar ponsel dapat mendingin.

Hal yang sama dapat Anda lakukan saat bermain gim, apabila ponsel mulai terasa panas, letakkan dulu ponsel Anda agar tidak kepanasan.

Hindari Tekanan Pada Ponsel
Ponsel yang terjatuh dapat mengakibatkan kerusakan sehingga mengakibatkan korslet, apalagi bila kualitas baterainya tidak baik. Ternyata selain karena terjatuh, ponsel yang posisinya tergencet karena diduduki juga dapat mengakibatkan baterai menjadi bocor yang berakibatkan ledakan ponsel.

Bila Ada Kasus Ponsel yang Anda Beli Meledak, Lebih Baik Ganti yang Baru
Ketika Anda mendengar kabar bahwa ada orang lain yang ponselnya meledak, dan ternyata ponsel yang meledak tersebut adalah ponsel yang satu tipe dengan yang Anda miliki, maka ada baiknya bila langsung mengganti ponsel baru. Keselamatan Anda lebih penting ketimbang uang maupun gadget. (liputan6.com/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.