Hindari Suara Tak Sah, KPU Sampang Sosialisasikan Pungut Hitung

Avatar of PortalMadura.com
Hindari Suara Tak Sah, KPU Sampang Sosialisasikan Pungut Hitung
Acara Sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2018, Rabu (11/4/2018)

PortalMadura.Com, – Komisi Pemilihan Umum Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar (PKPU) Nomor 8 Tahun 2018, di Aula Hotel Camplong.

Dalam sosialisasi tersebut, disampaikan tentang Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara Pemilu Gubernur – Wakil Gubernur, dan Bupati – Wakil Bupati dalam Pilkada serentak 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Sampang, Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Miftahur Rozaq menjelaskan, sosialisasi itu tentang tata cara mencoblos dengan memberikan penegasan bagaimana yang dapat dinyatakan sah dan tidak sah.

Selain itu, mekanisme atau prosedur dalam proses pemungutan suara yang harus dilalui. Yakni, dibuka mulai pukul 07:00 sampai 13:00 WIB.

“Setelah itu, bisa dilakukan proses penghitungan surat suara. Tidak diperbolehkan untuk menghitungnya jika belum sampai pukul 13:00 WIB,” tegasnya, Rabu (11/4/2018).

, Syamsul Muarif menyampaikan, jika sosialisasi PKPU merupakan rangkaian kegiatan dengan tujuan memantapkan tahapan persiapan penyelenggaraan Pilkada.

“Salah satu persiapannya, termasuk puncak tahapan pada pemungutan suara dan penghitungan suara. Tanpa terkecuali, sosialisasi tentang bagaimana cara mencoblos surat suara yang sah,” dalam sambutannya.

Pihak KPU melakukan sosialisasi langsung dengan semua stakeholder serta menghadirkan tim pemenangan dari masing-masing Cabup – Cawabup, Forkopimda, dan Panwaslu Sampang.

Senada dengan Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam, bahwa PKPU Nomor 8 merupakan regulasi yang telah ditentukan khususnya untuk teknis pemungutan suara.

“Tentunya, juga ada kategori pemilih yang bisa memberikan hak pilihnya, serta teknis penghitungan suara,” singkatnya. (Rafi/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.