Hingga Pertengahan 2018, Dua Kecamatan di Sumenep Belum Salurkan Rastra

  • Bagikan
Kasubag Sarana Perekonomian Bagian Perekonomian Setkab Sumenep M. Suharjono
Kasubag Sarana Perekonomian, Bagian Perekonomian, Setkab Sumenep, M. Suharjono (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, Sumenep – Sedikitnya dua Kecamatan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yakni Manding dan Batuan hingga pertengahan tahun 2018 belum menyalurkan bantuan Beras Sejahtera (Rastra).

“Sesuai data kami, dua kecamatan ini memang belum menyalurkan rastra,” kata Kasubag Sarana Perekonomian, Bagian Perekonomian, Setkab Sumenep, M. Suharjono, Senin (2/7/2018).

Menurutnya, hasil koordinasinya dengan pihak kecamatan, lambatnya penyaluran rastra jatah tahun 2018 itu lantaran Daftar Penerima Manfaat (DPM) belum fix di tingkat desa.

“Sebenarnya, H-2 lebaran dua kecamatan sudah menyerahkan DPM itu ke kami dan kami langsung melanjutkan ke Bulog. Tapi, Bulog tidak bisa memenuhinya karena sudah ada DPM dari kecamatan lain yang lebih dulu diserahkan,” jelasnya.

Pihaknya memastikan, dalam pekan ini rastra di dua kecamatan itu sudah bisa disalurkan karena saat ini sudah proses di Bulog. Sejumlah desa di dua kecamatan itu tinggal menyediakan armada dan menunggu giliran sesuai jadwal.

“Kemungkinan jatah rastra di dua kecamatan itu tidak bisa langsung disalurkan secara keseluruhan sejak awal tahun, tapi mungkin bertahap dua bulan dulu,” tegasnya.

Kebutuhan rastra setiap bulan se Kabupaten Sumenep sebanyak 128.160 ton. Sedangkan penerima rastra pada tahun 2018 sebanyak 12.816 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk masing-masing penerima manfaat mendapatkan jatah 10 kg rastra setiap bulannya. (Arifin/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.