Pemilik Kulit Kombinasi, 5 Trik Makeup Ini Patut Anda Coba

Avatar of PortalMadura.com
Pemilik Kulit Kombinasi, 5 Trik Makeup Ini Patut Anda Coba
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pemilik kulit sensitif dan berminyak tentu sudah mempunyai produk khusus sendiri dalam perawatannya. Berbeda dengan pemilik yang masih butuh tantangan tersendiri lantaran berurusan dengan minyak yang berlebih.

Biasanya masalah itu muncul pada area t-zone, pori-pori yang terlihat jelas pada area hidung dan pipi, atau mungkin dengan area kulit kering pada pipi. Nah, jika Anda pemilik kulit kombinasi dan ingin mendapatkan hasil makeup yang sempurna, ada tips menarik yang bisa Anda coba.

Berikut cara makeup untuk kulit kombinasi:

Gunakan Mattifying Primer pada Area T-Zone
Sesudah menyelesaikan rangkaian skin care, persiapkan area t-zone menggunakan mattifying primer. Primer jenis ini dapat membantu meminimalisir tampilan pori-pori dan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Tidak hanya itu, keuntungan yang bisa Anda rasakan dari penggunaan primer adalah membuat tampilan makeup lebih natural dan mulus.

Pilih Formula Foundation yang Sesuai dengan Area Terluas Wajah
Sesuai dengan namanya, kulit kombinasi terdiri dari area wajah yang kering dan area wajah yang berminyak. Namun, ada beberapa orang yang memiliki kecenderungan ke arah kulit kering, ada juga yang cenderung lebih berminyak. Saat memilih formula foundation, pilihlah yang sesuai dengan area terluas wajah Anda.

Misalnya, Anda memiliki wajah kombinasi yang cenderung kering, tetapi memiliki area t-zone yang berminyak. Untuk mengatasinya, gunakan moisturizing foundation pada area wajah yang kering, dengan di baurkan ke arah luar wajah menjauhi t-zone. Lalu untuk area t-zone, Anda bisa menggunakan concealer untuk kulit berminyak yang memiliki hasil akhir matte dan coverage medium.

Set Makeup Menggunakan Bedak
Setelah mengaplikasikan foundation dan concealer, set makeup Anda menggunakan bedak translucent atau tinted powder menggunakan brush. Langkah ini akan menambahkan lapisan tipis ekstra pada area t-zone yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih dan membuat wajah bebas kilau seharian. Jika Anda memiliki area t-zone yang sangat berminyak, serap minyak menggunakan blotting paper atau tisu terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan bedak.

Rawat Kulit dengan Clarifying Mask
Clarifying mask merupakan jenis masker yang cocok untuk pemilik kullit berminyak. Masker jenis ini dapat membantu membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori dan mengangkat debris pada wajah. Anda yang memiliki kulit kombinasi dengan t-zone yang berminyak, coba gunakan clarifying mask untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah. Anda bisa menggunakan masker ini hanya pada area t-zone saja atau bisa juga digunakan pada seluruh permukaan wajah yang sudah dibersihkan.

Serap Minyak Wajah Sehabis Penggunaan Makeup
Blotting paper merupakan sahabat para wanita yang memiliki wajah normal, kombinasi, atau berminyak. Tidak hanya digunakan saat wajah mulai berminyak di tengah hari, blotting paper juga sebaiknya digunakan begitu Anda selesai menggunakan makeup. Setelah pengaplikasian makeup, biasanya akan terlihat lapisan minyak yang berkumpul di permukaan wajah.

Nah, daripada menyembunyikan minyak tersebut menggunakan makeup, cobalah untuk menyerap minyak berlebih di wajah menggunakan blotting paper. Jika minyak berlebih sudah terserap, barulah Anda set makeup menggunakan bedak. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.