oleh

Hmmm… Nikmatnya ‘Nasi Sekol Tonoh’ Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Nasi Sekol Tonoh ala Bu Sapiyeh, yang terletak di Kebunan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur membuat orang ketagihan.

Ada yang berbeda saat menyajikan pada ribuan pelanggannya yang tumplek setiap harinya, yakni terdapat skol tonoh atau kelapa bakar yang dihaluskan dengan bumbu daun jaruk nipis.

Sepintas memang sederhana, namun karena bumbu skol tonoh membuat warung nasi ini terkenal dan ramai dikunjungi orang. Sehingga disebut ‘Nasi Sekol Tonoh’ oleh pelanggannya.

Selain nasi putih, juga disajikan bumbu kacang dipadu dengan telur rebus. Ada kuah santan dan sayur buah lawu dicampur dengan kacang panjang yang sudah dipotong-potong dan sambal kacang dicampur buah tomat.

Ikan pun beraneka ragam. Ada pepes ikan tongkol, tongkol goreng, tahu, dan udang goreng. Ikan yang disajikan itu tidak semuanya harus dihabiskan. Namun, setiap orang yang datang sudah dipastikan akan disaji sesuai dengan menu tersebut.

Patokan harganya, seberapa banyak anda menghabiskan ikan-ikan tersebut. Jadi, kalau bayar, pasti ditanyakan, ikannya apa saja?. Minum apa?. Nambah kerupuk apa nggak!. Ingin mencoba?. setiap hari buka sampai malam. (htn)

Penulis : Hartono
-

Komentar