Ibu Menyusui Mudah Lemas? Penuhi 6 Nutrisi Penting Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Ibu Menyusui Mudah Lemas? Penuhi 6 Nutrisi Penting Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang membutuhkan stamina yang kuat dan kesabaran saat menjadi ibu baru yaitu menyusui si kecil. Mengapa demikian? Karena di momen itu tubuh ibu akan jadi mudah lemas, sehingga harus di suplay dengan makanan yang bergizi.

Untuk memproduksi ASI setiap hari tubuh akan membakar 500 kalori. Oleh karena itu, konsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi seimbang agar tubuh tidak rawan letih.

Nah, ini nutrisi yang harus ada di dalam makanan harian seorang . Apa saja? Berikut ulasannya:

Asam Folat
Ibu hamill dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat untuk menghindarkan bayi dari risiko cacat otak. Saat menyusui pun asam folat wajib ada dalam menu makanan ibu. Pasalnya asupan asam folat sangat penting untuk perkembangan otak bayi di usia tiga bulan pertama.

Pada periode ini, bayi hanya bisa mendapatkan asupan folat melalui ASI. Karena itu penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan kaya asam folat atau suplemen khusus.

Beberapa sumber makanan yang kaya akan asam folat adalah gandum utuh, bayam, okra, pepaya, kembang kol, dan jamur.

Asupan Cairan
Menurut Nancy Hurst, Ph.D., R.N., direktur layanan laktasi di Texas Children's Hospital Pavilion for Women, pasokan cairan yang tinggi membuat jumlah ASI yang diproduksi meningkat itu hanya mitos. Namun konsumsi cairan dalam jumlah memadai juga penting bagi ibu.

Asupan cairan membantu ibu lebih cepat pulih dari stres fisik pasca melahirkan. Selain itu cairan yang cukup juga berperan dalam menjaga level energi.

Multivitamin
Selain mengonsumsi makanan yang sehat, ibu juga harus dibekali dengan multivitamin. Idealnya ibu menyusui mendapatkan asupan 400 mikrogam mineral dari suplemen untuk wanita. Multivitamin juga bisa menurunkan risiko stres akibat kurangnya kesempatan untuk makan di siang hari.

Multivitamin apa yang cocok, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan ibu.

Kalsium
Jika tubuh tidak mendapat asupan mineral kalsium yang cukup, tubuh akan mengambilnya dari tulang ibu untuk memastikan ASI mengandung cukup kalsium bagi si bayi.

Susu, keju, yoghurt, jus jeruk, dan brokoli merupakan beberapa bahan makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu setiap hari.

Asam lemak omega-3
Perbanyak konsumsi ikan karena kaya omega-3. Omega-3 tidak hanya baik bagi ibu, tapi juga untuk tumbuh kembang si bayi. Menurut Lori Feldman-Winter, M.D., dokter anak di Camden, New Jersey dan juru bicara American Academy of Pediatrics, asam lemak omega-3 penting untuk tumbuh kembang otak dan mata anak.

Ibu bisa mendapatkan asupan asam lemak omega-3 dari ikan-ikanan berminyak. Beberapa di antaranya yaitu ikan kembung, sarden, teri, salmon, dan ikan gabus.

Makanan Pendukung Laktasi
Bahan makanan yang bisa membantu kelancaran ASI seperti kelor, kedelai, gandum, fenugreek, dan fennel bisa membantu memperkaya nutrisi dan produksi ASI.

Jika ibu enggan mengonsumsinya secara langsung, sekarang sudah mulai banyak snack laktasi dari bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi. Misalnya saja lactation cookies.

Demikian aneka nutrisi yang penting untuk menunjang energi ibu menyusui. Pastikan kebutuhannya tercukupi setiap hari agar kondisi ibu senantiasa prima. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.