Ibu Rumah Tangga, Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Sosial Media

Avatar of PortalMadura.com
Ibu Rumah Tangga, Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Sosial Media
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Penggunaan Sosial Media (Sosmed) saat ini tidak hanya dimiliki oleh kalangan anak, remaja atau para pekerja saja, seorang pun sekarang ini juga memilikinya. Bahkan, tidak sedikit yang justru menjadi sorotan publik lantaran aksinya di internet.

Sekadar mengisi waktu senggang atau mencari kesenangan semata memang tidak masalah. Tapi, Anda sebagai ibu rumah tangga yang cerdas dan bijak juga harus memerhatikan efek negatif yang mungkin bisa ditimbulkan dari interaksi di sosial media.

Apa saja itu?. Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ibu rumah tangga di sosial media:

Curhat Masalah Rumah Tangga
Banyak ibu rumah tangga yang terjebak melakukan curhat di akun sosial medianya. Padahal, cara ini sangat mungkin mendatangkan keburukan di kemudian hari, minimal membuat orang sekitarnya tidak bersimpati padanya karena membuka aib diri sendiri.

Sebenarnya jika caranya tepat, curhat di sosmed masih bisa dilakukan. Misalnya dengan menyembunyikan identitas atau menyamarkan permasalahan:

“Saya punya teman yang suaminya blablabla, sebaiknya bagaimana ya menasihati suami seperti itu?”. Menyembunyikan identitas lebih baik daripada curhat secara langsung, “Suami saya blablabla… mertua saya blablabla…”.

Pamer Kecantikan
Sebentar-sebentar upload foto selfie, upload ootd (outfit of the day), dengan tujuan untuk menangguk pujian dari followers.

Apa sih niat memperlihatkan foto selfie dan ootd cantik Anda?. Pamer kecantikan di depan suami malah malas, padahal berpahala. Tapi pajang foto di sosmed rajin sekali, hal seperti ini perlu diwaspadai.

Pamer Kemesraan
Mesra dengan pasangan hidup sendiri amat baik, tapi ketika kemesraan tersebut diposting ke ranah publik dengan begitu seringnya, justru berpotensi membawa akibat buruk untuk rumah tangga Anda.

Banyak orang yang iri, bahkan dengki sehingga ingin melenyapkan kebahagiaan orang lain. Tentunya Anda tidak ingin postingan Anda di sosmed menjadi boomerang seperti ini.

Pamer Anak
Hal bahaya lainnya yang banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga di sosial media adalah memamerkan anak, baik kelucuannya maupun kerupawanan anaknya.

Sayangnya, hal ini berisiko mendatangkan penyakit ‘ain: Ibnul Atsir Rahimahullah berkata, “Dikatakan bahwa Fulan terkena ‘ Ain , yaitu apabila musuh atau orang-orang dengki memandangnya lalu pandangan itu mempengaruhinya hingga menyebabkannya jatuh sakit,” (An-Nihayah 3/332).

Sekilas ini terkesan mengada-ada atau sulit diterima oleh akal. Akan tetapi Rasulullah menegaskan bahwa ‘ain adalah nyata dan ada. Rasulullah bersabda, “Pengaruh ‘ain itu benar-benar ada, seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, ‘ainlah yang dapat melakukannya,” (HR. Muslim).

Contoh kasus, foto anak yang lucu dan imut diposting di sosial media. Kemudian bisa saja terkena ‘ain. Anak tersebut tiba-tiba sakit, nangis terus dan tidak berhenti. Padahal sudah diperiksakan ke dokter dan tidak ada penyakit. Bisa juga gejalanya tiba-tiba tidak mau menyusui sehingga kurus kering tanpa ada sebab penyakit.

Membuli Orang Lain dengan Kata-kata
Ibu rumah tangga juga sebaiknya tidak melayangkan status atau komentar negatif di sosial media, baik berupa kata-kata kasar, sindiran, makian, atau bentuk bulian lainnya.

Jadi, pada intinya tidak semua kata-kata bisa Anda ucapkan di sosial media. Sebaiknya disaring dulu mana yang mungkin baik dan tidak untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat dan tetaplah berhati-hati dalam bertindak ya, moms. (ummi-online.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.