oleh

Ikan Kerapu Pedas Manis yang Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Ikan merupakan makanan yang cukup banyak digemari orang. Berbagai olahan pun mereka buat dan alhasil menjadi sajian yang cukup mengunggah selera. Ada banyak jenis ikan yang memiliki cita rasa luar biasa dan menyehatkan, salah satunya adalah ikan kerapu.

Ikan kerapu termasuk jenis ikan yang memiliki daging kenyal dan gurih. Jika diolah dengan tepat maka siapapun akan selera dan ingin menyantapnya. Ikan kerapu seringkali dihargai mahal saat dijual di pasar. Bagi Anda pencinta ikan dan ingin membuat olahan ikan kerapu. Berikut ini ada cara yang sangat mudah mengolah ikan kerapu, seperti yang dilansir dari laman fimela.com.

Bahan-bahan:
1 ekor ikan kerapu, bersihkan sisik dan isi perutnya

Bahan Saus:
5 buah cabai keriting
10 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
2 sdm asam jawa, larutkan dengan air hangat secukupnya
1 sdm gula merah, sisir
1 batang serai, memarkan
1/2 sdt kaldu bubuk (optional)
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat:
Cuci sampai bersih ikan kerapu, bumbui sedikit dengan garam dan merica bubuk. Goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan. Potong-potong atau iris tipis bumbu saus. Goreng dengan sedikit minyak hingga matang, aduk terus hingga harum.

Masukkan serai, gula merah dan air asam jawa. Tambahkan 100 ml air lagi, masak hingga mendidih. Masukkan gula pasir, garam dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk rata, tes rasa, jika sudah pas, angkat. Siramkan saus pedas di atas ikan kerapu, siap dinikmati selagi hangat.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar