oleh

Bunda, Ketahui Pentingnya Pijat Untuk Bayi

PortalMadura.Com – Ada banyak manfaat yang bisa didapat buah hati dari pijatan. Hebatnya, pijat bayi kini bisa dilakukan sendiri oleh orang tua. Sebelumnya, Anda bisa belajar dari bidan yang terampil memijat bayi. Bidan akan memberikan edukasi yang benar cara memijat bayi. Dengan rutin melakukan pijat bayi, pertumbuhan bayi akan optimal.

Dilansir dari laman Hellosehat.Com, Jumat (29/6/2020) berikut pentinya pijatan untuk buah hati Anda.

Membantu Bayi Lebih Rileks
Memijat bayi akan melancarkan peredaran darahnya serta meningkatkan kadar hormon oksitosin. Hal ini akan membuatnya lebih rileks dan senang. Jika bayi Anda rewel dan mudah gelisah, pijat bayi bisa jadi solusinya. Memijat bayi juga bisa mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman kalau bayi mengalami masalah pencernaan atau saat giginya mau tumbuh.

Bayi Tidur Lebih Pulas
Karena tubuhnya rileks, bayi Anda akan lebih mudah tidur di malam hari. Dengan tidur yang nyenyak, si buah hati pun akan pulas semalaman, tanpa harus terbangun pukul 2 subuh dan menangis. Maka, kalau bayi Anda sering sekali terbangun di tengah malam dan menangis, Anda bisa mencoba memijatnya di sore hari. Dengan begitu, ketika sudah waktunya tidur bayi Anda sudah siap dan tidak rewel lagi.

Melatih Kepekaan Saraf dan Indra Peraba Bayi
Lewat sentuhan yang lembut bayi akan menerima stimulasi yang positif bagi saraf dan indra perabanya yang belum sempurna. Ia akan belajar membedakan sentuhan mana yang tekanannya terlalu besar dan mana yang tepat. Pijatan Anda juga akan merangsang aktivitas saraf-saraf bayi sehingga berbagai saraf tersebut akan lebih cepat berkembang. Selain itu, otot-otot bayi juga akan jadi lebih fleksibel dan kuat.

Mendukung Pertumbuhan Otak Bayi
Tanpa disadari, manfaat pijat bayi juga dirasakan oleh otak si buah hati. Pengalaman baru akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh dan kembang otaknya. Lewat pijat bayi, ia akan belajar berbagai hal baru. Mulai dari variasi sentuhan Anda, aroma dari minyak pijat, hingga komunikasi Anda dengannya. Stimulasi tersebut juga akan menghasilkan mielin, yaitu zat pada otak yang bekerja untuk mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensoris.

Membangun Ikatan Batin Antara Orang Tua dan Bayi
Bayi yang baru lahir belum bisa mengenali orangtuanya lewat wajah, melainkan melalui suara dan sentuhan Anda. Maka, sentuhan Anda yang lembut dan mesra akan membantu bayi membangun kepercayaan dan perasaan yang positif tentang Anda. Ia pun akan merasa lebih nyaman dan tenang ketika bersama dengan Anda. Anda sendiri juga akan belajar untuk mengenal si buah hati lebih dekat lagi. Saat memijatnya, Anda bisa mengamati berbagai ekspresinya, reaksinya terhadap sentuhan dan pijatan Anda, serta mempelajari apa yang disukai atau tidak disukai bayi Anda.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : hellosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar