oleh

Ikan Nila Jadi Solusi Atasi Kerusakan Ekosistem Sungai

PortalMadura.com, Bangkalan – Ribuan benih ikan akan disediakan dan segera ditebar oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, dalam rangka pemulihan kembali ekosistem sungai.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Muh. Zaini saat menemui para aktivis lingkungan hidup yang tergabung dalam Solidaritas Peduli Lingkungan Bangkalan (SPLB), Kamis (2/7/2020).

iklan pilbup

Ekosistem sungai sudah banyak tercermar akibat pencarian ikan dengan menggunakan cara-cara yang tidak dibenarkan.

Menurut Zaini, ada empat peralatan yang tidak diperkenankan secara hukum, yakni penggunaan peledak atau bom, penggunaan racun atau bahan kimia, penyetruman, dan penggunaan alat-alat tangkap yang tidak diperbolehkan.

“Langkah jangka pendeknya terhadap Destructive Fishing ini, kita akan tebar benih nila, sekitar seribu atau dua ribuan nanti, akan segera kami sediakan,” katanya.

Selain itu, ia mengaku akan membuat papan-papan larangan dan peringatan. “Nah, kalimatnya itu nanti saya minta tolong kawan-kawan (aktivis lingkungan) untuk membantu,” ungkapnya.

Ia menegaskan komitmennya untuk menangani permasalahan pencemaran dan kerusakan lingkungan serta ekosistem sungai itu, karena bukan hanya berdampak terhadap lingkungan serta ekosistemnya, dan nelayan yang mata pencahariannya disitu, tapi juga berdampak pada aspek kesehatan.

“Ini permasalahan yang baru kami alami, kami berterima kasih ada laporan dan komunikasi seperti ini, kami akan berusaha yang terbaik untuk menyelesaikannya, juga dengan bantuan kawan-kawan aktivis lingkungan ini,” tandasnya.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Oktaviana Dwi KK
Tirto.ID
Loading...

Komentar