oleh

Indonesia Akan Perketat PPKM Mikro, Mal Hanya Beroperasi Hingga Pukul 17

PortalMadura.Com – Pemerintah Indonesia akan kembali memperketat aktivitas dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro sebagai respons terhadap lonjakan kasus Covid-19.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito menuturkan pengetatan tersebut antara lain dengan membatasi jam operasional mal dan restoran.

“Sektor ekonomi seperti mal hanya akan dioperasikan sampai jam 17. Restoran hanya diizinkan ‘take away’ dan ini dibatasi jam operasinya sampai pukul 20.00,” kata Ganip dalam rapat koordinasi Satgas Covid-19 yang disiarkan secara virtual pada Senin (29/6/2021).

Dalam aturan itu pula, pemerintah akan mewajibkan perkantoran menerapkan sistem bekerja dari rumah sebanyak 75 persen di zona merah (berisiko tinggi) dan zona oranye (berisiko sedang).

Peraturan ini akan berlaku setelah terbit instruksi menteri dalam negeri yang baru.

“Ini sejumlah pembatasan yang akan diterapkan sebagai revisi dari Instruksi Menteri Dalam Negeri yang sudah ada saat ini,” ujar dia.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan PPKM mikro sebagai strategi menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi beberapa waktu belakangan.

Pada kebijakan sebelumnya, pemerintah hanya mewajibkan 75 persen pekerja bekerja dari rumah di zona merah.

Sedangkan pusat perbelanjaan wajib tutup pukul 20.00 WIB dan restoran hanya boleh menerima 25 persen pengunjung untuk makan di tempat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA

Komentar