Indonesia-India Perkuat Kerja Sama Keamanan

  • Bagikan
Indonesia India
Indonesia-India

PortalMadura.Com, Jakarta – Menteri Urusan Luar Negeri India Sushma Swaraj akan berada di Jakarta pada 5-6 Januari 2018 untuk memperkuat hubungan dengan Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Armanatha Nasir mengatakan, Indonesia dan India akan memperkuat kemitraan strategis di bidang ekonomi, keamanan, dan budaya.

“Menlu Retno akan menerima Menlu India dalam format sidang komisi bersama kelima yang sudah tertunda selama lima tahun,” kata Armanatha di Jakarta, Kamis.

Direktur Asia Selatan dan Tengah Kemlu Ferdy Piay menjelaskan kedua negara juga akan membicarakan isu keamanan dalam bidang counter terrorism, cyber security, dan transnational crime.

Rencananya, pertemuan tersebut akan turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI dan penasehat keamanan nasional India karena kedua negara memiliki hubungan kuat di bidang pertahanan.

“Ini inisiatif yang diangkat saat pertemuan bilateral antara Presiden Indoensia dan Perdana Menteri India pada Desember 2016,” ujar Ferdy.

Untuk memperkuat keamanan, Indonesia akan mendorong kerja sama deradikalisasi dengan India.

Menurut Ferdy, India menilai memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia yang multikultur.

“India ingin belajar dengan kita,” jelas Ferdy.

Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan hadir dalam ASEAN-India Commomeration ke-25 di India pada 25 Januari 2018 yang akan fokus pada persoalan-persoalan regional.

“Presiden Jokowi juga menjadi tamu kehormatan dalam India Republic Day pada 26 Januari,” terang Ferdy.

Ferdy menerangkan Indonesia menjadi negara pengekspor kelapa sawit terbesar di India. Total nilai perdagangan kedua negara pada 2017 naik sebesar 43,31 persen, menjadi USD14,8 miliar.

Untuk nilai ekspor mencapai USD11,5 miliar, sedangkan impor mencapai USD3,2 miliar. Total nilai ini surplus di Indonesia sebesar USD8,3 miliar.(AA)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.