Tak Perlu Marah-marah Moms, Ini 4 Cara Cerdas Bikin Anak Mau Belajar dan Mengerjakan

  • Bagikan
Membantu anak menegrjakan PR
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendidik anak merupakan tugas orang tua dan salah satu tantangan terberatnya yaitu menyuruh belajar dan mengerjakan PR. Seringkali orang tua harus marah-marah hanya untuk membiasakan anak melakukan hal itu.

Namun, bagaimana cara menyuruh anak mengerjakan PR dan belajar tanpa harus berkata-kata kasar?. Jika hal itu harus dilakukan, ada cara mudah yang Anda lakukan.

Berikut caranya;

Matikan WiFi
Jika kebetulan di rumah memasang WiFi, matikan sebentar saat sudah waktunya anak belajar. Kalaupun anak belum juga berangkat belajar karena asik browsing, mematikan WiFi adalah pilihan paling bijak untuk mendisiplinkan anak.

Menemani Anak Belajar
Anak tidak akan belajar jika ditinggal sendirian hanya karena Anda menyuruhnya belajar Moms. Jadilah teman belajarnya, karena anak-anak pasti butuh bimbingan dan arahan orangtua saat belajar. ia juga akan lebih bersemangat jika ditemani dan ada orang dewasa yang menjelaskan padanya.

Set Waktu Tertentu Untuk Belajar
Karena anak-anak (TK ataupun SD) biasanya punya konsentrasi yang sebentar pada suatu hal alias tak bisa lama-lama mengerjakan satu kegiatan dalam waktu lama, anak mudah bosan dan teralihkan oleh kegiatan lain saat belajar dan mengerjakan PR.

Atur waktu selama 15 menit saja untuk mengerjakan PR. Saat timer berbunyi, biarkan anak istirahat selama 15 menit pula. Setelah itu set timer lagi 15 menit untuk sesi belajar. Buatlah perjanjian semacam ini dengan anak agar ia lebih termotivasi dan belajar tidak jadi kegiatan yang menjengkelkan untuknya.

Gunakan Properti yang Menarik
Jika belajar membaca buku saja bisa membosankan, bagaimana jika memakai media belajar yang berwarna warni, dan gambar-gambar yang menarik perhatiannya? Moms juga bisa membacakan cerita agar anak tidak bosan, memberi selingan mewarnai di tengah-tengah belajar sambil menyisipkan pelajaran di antara kegiatan bermainnya.

Itu dia cara agar anak mau belajar dan mengerjakan PR tanpa harus memarahinya. Anak tidak harus dipaksa untuk mau belajar, karena dengan cara yang santai pun anak bisa diajak disiplin membiasakan belajar.(vemale.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.