PortalMadura.com

Indonesia Intensifkan Kerjasama “Capacity Building” dengan Afghanistan

  • Rabu, 10 Januari 2018 | 07:21
Indonesia Intensifkan Kerjasama “Capacity Building” dengan Afghanistan
Afghanistan

PortalMadura.Com, Jakarta – Pemerintah akan mengintensifkan kerjasama capacity building dengan Afghanistan sebagai kontribusi Indonesia mewujudkan perdamaian dunia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan kontribusi itu diwujudkan dengan pemberian beasiswa, pelatihan aparat kepolisian, pembangunan infrastruktur, pertukaran ulama, dan pemberdayaan perempuan.

“Bulan November lalu, saya melakukan kunjungan kerja ke Kabul, yang merupakan kunjungan bilateral pertama Menteri Luar Negeri Indonesia setelah lebih dari 50 tahun,” ujar Menteri Retno dalam Pernyataan Pers Tahunan di Jakarta, Selasa (9/1/2018) dilansir dari Anadolu.

Dalam kunjungan tersebut, Indonesia menandatangani hibah pembangunan poliklinik kesehatan.

“Poliklinik tersebut akan segera dibangun di kompleks Indonesia Islamic Centre di mana saat ini telah berdiri masjid Indonesia,” terang Menteri Retno.

Komplek Indonesia Islamic Centre (IIC) sendiri direncanakan akan terdiri dari masjid, klinik kesehatan, perpustakaan dan guest house. Hibah pembangunannya dari Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Afghanistan merupakan salah satu wujud nyata dukungan Indonesia kepada proses perdamaian, rekonsiliasi, dan pembangunan di Afghanistan.

Bagian pertama dari komplek yang berlokasi di kawasan Ahmad Shah Baba Mina, adalah Masjid As-Salaam, yang telah diresmikan pada tahun 2016.

Menteri Retno juga menjelaskan Indonesia juga merasa terhormat menerima kunjungan Presiden Afghanistan, High Peace Council, dan Ibu Negara Afghanistan pada tahun 2017.

“Sebuah kehormatan untuk dapat berbagi dengan Saudara-saudara kita di Afghanistan dalam membangun perdamaian,” kata Menteri Retno.

Indonesia juga berencana menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Ulama guna memperkokoh perdamaian.(AA)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional