Indonesia-Jepang Kerja Sama Teknologi Dam dan Terowongan

Avatar of PortalMadura.Com
Indonesia-Jepang Kerja Sama Teknologi Dam dan Terowongan
Pictame

PortalMadura.Com, Jakarta – Indonesia meningkatkan kerja sama pengembangan upgrade dan pembangunan terowongan dengan Jepang.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti melalui keterangan resmi, Rabu (14/2/2018), mengatakan pembangunan terowongan di jalan tol Padang-Pekanbaru akan menjadi pilot project kerja sama tersebut.

Kerja sama dengan Jepang menurut dia juga akan terus dikembangkan di masa depan.

“Begitu juga dengan pengalaman panjang Jepang dalam perbaikan bendungan yang umur fungsinya telah mencapai lebih dari 50 tahun, akan sangat membantu kita,” kata Anita.

Menurut Anita, kedua negara telah saling bertukar informasi, pengetahuan, inovasi dan teknologi serta pengembangan kapasitas sumber daya untuk implementasi proyek-proyek infrastruktur.

Kedua negara juga membahas kerja sama pembangunan jalan nasional menuju jalan tol akses Pelabuhan Patimban dan sistem pengolahan limbah terpusat DKI Jakarta (Jakarta Sewerage System).

Selain itu, Indonesia dan Jepang juga fokus mengembangkan kerja sama pada lima bidang infrastruktur, antara lain sumber daya air terkait pemeliharaan bendungan, bidang jalan tentang dan mitigasi resiko bencana terhadap jembatan bentang panjang, dan bidang pengelolaan air limbah.

Juga akan dilakukan kerja sama pada bidang perumahan terkait peran sektor swasta dalam program Satu Juta Rumah dan pengelolaan rumah susun sewa bagi MBR di kawasan perkotaan.

“Kita juga bekerja sama pada bidang jasa konstruksi tentang pengembangan kontraktor umum menjadi kontraktor spesialis,” jelas Anita.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.