oleh

Indonesia Tawarkan Investasi Pembangunan Kawasan Industri ke Singapura

PortalMadura.Com – Indonesia menawarkan kerja sama pengembangan kawasan industri terpadu di luar Pulau Jawa kepada Singapura, seperti yang pernah dikembangkan di Kendal, Jawa Tengah, ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam siaran persnya, Selasa.

Menurut Menteri Gumiwang, kawasan itu adalah di Kalimantan Utara (Tanah Kuning), Sumatera Utara (Kuala Tanjung), Sulawesi Utara (Bitung), Kalimantan Tengah (Batanjung), Jambi, dan Sulawesi Tengah (Palu).

“Kami minta Singapura untuk bisa mencari investor yang ingin membangun kawasan tersebut. Kami akan fasilitasi kawasannya, yang memiliki potensi dekat dengan sumber bahan baku,” ujar Menteri Gumiwang seusai bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Chan Chun Sing di Jakarta.

Kawasan Industri Kendal kini sudah mampu menarik sebanyak 61 investor dari delapan negara seperti Indonesia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Jepang, China, Hong Kong dan Malaysia. Total total nilai investasi mencapai Rp 15,8 triliun dan menyerap 8.950 tenaga kerja.

Sepanjang semester I/2019, Singapura tetap menjadi investor top di Indonesia, dengan nilai investasi sebesar USD3,4 miliar.

Indonesia juga menawarkan kawasan industri maintenance, repair and overhaul (MRO) di Pulau Bintan.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Anadolu Agency
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE