oleh

Ingat, Jangan Lakukan Sikap Ini di Hari Pertama Kerja

PortalMadura.Com – Siapa coba yang tidak merasa gugup saat hari pertama kerja?. Hampir setiap orang mengalaminya. Momen mendebarkan ini menjadi pengalaman tersendiri bagi sebagian orang. Bingung harus melakukan pekerjaan apa atau takut salah melakukan sesuatu bisa saja terjadi.

Tapi, di antara beberapa pekerjaan yang mungkin bisa Anda lakukan saat masuk kerja. Ada satu hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan, apalagi di hari pertama kerja. Pasalnya, hal tersebut bisa berpengaruh pada pribadi Anda sendiri dan juga kesan orang lain pada Anda.

Menurut pakar karier Jason Sackett, hari pertama bekerja akan terasa absurd, karena Anda bertemu banyak orang baru dan lingkungan baru. Namun ada satu hal yang seharusnya tidak Anda lakukan di hari pertama kerja, yaitu menceritakan siapa diri Anda kepada orang-orang di kantor.

Alasannya: Pertama, mereka akan ilfeel. Kedua, rekan kerja Anda kemungkinan besar tidak tertarik dan tidak peduli seperti apa seluk-beluk kehidupan Anda. Setidaknya belum, untuk hari pertama.

Loading...

Jangan mengumbar Anda suka ini itu dan lain sebagainya, menceritakan keseharian Anda di luar kantor atau sebelum di kantor. Bukan kesan baik yang akan terbentuk di benak mereka.

Sebaliknya, “Untuk bisa mendapatkan rasa hormat dari rekan kerja dan atasan pada hari pertama, buat sesuatu yang berhubungan dengan mereka. Bukan tentang Anda,” ujar Jason.

Jason mengungkapkan, jebakan hari pertama kerja adalah ketika Anda membicarakan pencapaian masa lalu dan ambisi masa depan Anda sendiri. Ini akan cenderung membuat orang kesal karena mereka tidak mengenal Anda.

Buatlah suasana nyaman dengan sekadar menyapa dengan sopan, tersenyum ketika berpapasan dan menjawab dengan ringan ketika mereka bertanya atau menaruh ketertarikan terhadap Anda, dan jadilah pendengar yang baik ketika berkumpul. Dengan begitu, Anda akan memberi kesan ramah dan terbuka.

Jadi, kini Anda tahu kan apa yang seharusnya tidak Anda lakukan di hari pertama kerja?. Ingat itu ya guys. (Vemale.com/Putri)


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE