Ingin AC Mobil Selalu Dingin? Rawat 3 Komponen Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin AC Mobil Selalu Dingin? Rawat 3 Komponen Ini
Ilustrasi (pixabay)

PortalMadura.Com – AC merupakan salah satu bagian mobil yang berperan penting untuk menjaga kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, AC perlu dirawat agar performanya tetap maksimal.

Ada beberapa yang harus dirawat secara rutin. Hal ini perlu dilakukan agar AC tetap bekerja optimal. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Hyundai Indonesia, berikut komponen AC yang perlu rutin dirawat.

Kompresor

Kompresor bertugas membuat udara dingin dengan cairan freon. Bila ada kendala dengan kompresor, maka udara dingin pun tidak akan terbentuk.

Terdapat 4 ciri kerusakan yaitu bunyi dimana saat tombol AC diubah ke posisi “1-2-3” terdengar suara agak kasar, kompresi berkurang yang ditandai AC mulai dingin saat digas, bocor dimana semakin besar kebocorannya, semakin cepat habis freonnya dan semakin cepat terasa tidak dinginnya udara dalam kabin, dan terakhir dicirikan oleh magnetic clutch yang rusak diketahui saat suhu kabin yang tadinya dingin, tiba-tiba tidak sama sekali dan setelah dimatikan tombolnya beberapa saat, lalu dihidupkan lagi, kinerja AC kembali normal.

Freon

Freon bisa diibaratkan sebagai darah sistem AC. Tanpa freon, udara dingin tidak akan terbentuk. Jika mau dingin, pastikan freon terisi namun tidak berlebihan karena pengisian freon yang berlebih berpotensi menimbulkan kerusakan. Kebocoran pada freon juga bisa menyebabkan AC kurang dingin. Pastikan mengetahui jenis freon yang digunakan melalui stiker petunjuk di dekat area AC di balik kap mesin.

Filter Udara Kabin Kotor

Udara pada AC harus melalui sebuah filter agar udara yang dihembuskan tetaplah bersih. Filter tersebut akan kotor seiring dengan pemakaian dan tergantung oleh kadar kotoran di tempat mobil sering digunakan. Bila kotor, maka otomatis akan menyumbat udara sehingga udara pun menjadi kurang dingin dan seringkali muncul aroma kurang sedap.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.