Ingin Ajarkan Anak Pra-Remaja Rasa Hormat dan Tanggung Jawab? Ikuti Langkah Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Ajarkan Anak Pra-Remaja Rasa Hormat dan Tanggung Jawab? Ikuti Langkah Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com –  Tanggung jawab dan rasa hormat tidak dengan sendirinya ada dalam diri setiap atau setiap orang. Anak-anak sebetulnya lahir tanpa mempunyai kesadaran akan tanggung jawabnya dan rasa hormat, jadi merupakan tugas orang tualah untuk menumbuhkan rasa  itu.

Oleh karena itu, ada cara mengajarkan rasa hormat dan tanggung jawab terhadap anak pra-remaja yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak-anak bahwa tanggung jawab juga membutuhkan rasa hormat.

1. Tunjukkan rasa hormat terhadap anak Anda, untuk mendapatkan rasa hormat mereka. Anggaplah serius semua perkataan mereka, tanpa merendahkan emosi dan menilai keputusan mereka.

2. Lakukan musyawarah untuk membuat solusi terhadap suatu masalah. Lakukan diskusi kooperatif terhadap mereka terhadap suatu masalah yang membutuhkan tanggung jawab atau rasa hormat, seperti mengapa mereka harus mengembangkan kebiasaan belajar yang baik, dan menyelesaikan PR jika mereka ingin memiliki nilai yang baik disekolah. Pastikan bahwa Anda membolehkan mereka untuk mengemukakan pendapat sendiri, karena pada umur ini, pra-remaja tidak lagi mau menerima saran orang dewasa-ke-anak-anak.

3. Jelaskan batasan. Jelaskan tentang tindakan apakah yang diterima, dan konfirmasi apakah anak pra-remaja Anda memahaminya. Anak pra-remaja yang kekurangan rasa hormat atau tanggung jawab seringkali berasal dari keluarga yang memberikan sedikit batasan kepada anak-anak mereka. Jika anak Anda gagal untuk bertanggung jawab, tekankan aturan keluarga yang Anda buat. Katakana sesuatu seperti, “Aturan keluarga kita adalah kita semua membersihkan kamar sendiri sebelum pergi bersama teman-teman. Membersihkan kamarmu adalah tanggung jawabmu sendiri; apakah kamu ingin melakukannya atau tidak, itu terserah kamu. Tetapi kamu tidak bisa pergi keluar bersama teman-temanmu sampai kamarmu bersih”.

4. Tunjukkan keterusterangan dalam menyinggung kesalahan. Jangan biarkan komentar kurang ajar ataupun tindakan tidak bertanggung jawab keluar dari diri Anda. salah satu motivator besar dari tindakan pra-remaja adalah menghindari rasa malu. Karena itu, mereka akan cenderung menyalahkan orang lain saat mereka gagal atau melakukan kesalahan. Beritahu mereka bahwa kebiasaan itu tidak bertanggung jawab serta kurang ajar, dengan menyinggung pelanggaran yang dia buat. (segiempat.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.