Ingin Aman Gunakan Taksi Online? Ini 5 Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Desy WulandariRujukan: detik.com
Ingin Aman Gunakan Taksi Online? Ini 5 Caranya
Ilustrasi (kumparan.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Saat ini banyak orang yang beralih menggunakan transportasi online daripada yang konvensional. Karena selain nyaman dan praktis, harganya juga terjangkau. Meskipun demikian, risiko kriminalitas tetap diperhitungkan. Apalagi jika berkendara hingga larut malam.

Jika Anda pengguna setia transportasi online ini, Anda perlu tahu beberapa cara aman berkendara menggunakan taksi online. Lantas, bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

Gunakan Data yang Valid Saat Registrasi

Saat registrasi, pastikan untuk mengisi identitas diri yang lengkap dan benar. Sebab, hal ini dapat mempermudah proses pelaporan saat terjadi suatu hal. Selain itu, sertakan juga kontak darurat yang valid sehingga taksi online dapat menghubungi kontak tersebut serta melakukan investigasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Adapun saat ini, taksi online memiliki satuan tugas (Satgas) khusus untuk pencegahan dan penanganan tindak kejahatan dan kekerasan yang beroperasi 24 jam di lebih dari 73 kota wilayah operasional.

Cek Kendaraan dan Wajah Mitra Pengemudi

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya pastikan wajah mitra pengemudi dan kendaraannya sesuai dengan identitas pada aplikasi taksi online. Jika tidak sesuai, jangan ragu untuk membatalkan perjalanan. Pengguna Grab juga dapat melakukan pelaporan via aplikasi jika ada hal yang mencurigakan.

Baca Juga:  3 Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Cepat Habis

Bagikan Lokasi Perjalanan ke Teman atau Keluarga

taksi online bisa dimanfaatkan untuk memberitahu lokasi Anda kepada orang terdekat selama di perjalanan bersama taksi online. Nantinya, kontak yang dipilih akan menerima pesan berupa link tracking (tautan pelacak]) lokasi Anda secara live/real time, lengkap dengan plat nomor kendaraan, jam pemesanan, lokasi penjemputan dan tujuan perjalanan.

Jika berada dalam keadaan bahaya, pengguna juga dapat menekan Emergency Button (tombol darurat] pada fitur Safety Centre. Melalui cara ini, pusat panggilan darurat taksi online dan orang-orang terdekat akan diberitahukan kapan pun Anda dalam kondisi terancam.

Untuk layanan taksi online juga menyediakan sistem yang dapat melacak jika perjalanan keluar dari rute seharusnya dan pemberhentian yang mencurigakan. Tim taksi online secara proaktif akan menghubungi penumpang dan atau mitra pengemudi untuk memastikan keamanan keduanya.

Waspada dan Fokus Selama Perjalanan

Selama perjalanan, pastikan untuk selalu fokus dalam perjalanan. Hindari tidur dan atau menggunakan perangkat earphone selama perjalanan bersama taksi online. Selain itu, jangan ragu untuk menegur pengemudi jika pengemudi keluar dari jalur atau tidak sesuai navigasi, ugal-ugalan, atau melakukan tindak kejahatan.

Baca Juga:  3 Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Cepat Habis

Saat hendak turun, mintalah mitra pengemudi untuk menepi di tempat yang lebih aman dan berikan alasan yang nyaman dan logis, lalu izinkan mitra pengemudi meneruskan perjalanan. Jangan lupa untuk selesaikan pembayaran dan turun dari kendaraan.

Manfaatkan Fitur Pelaporan

Taksi online memiliki fitur pelaporan yang akan langsung terhubung dengan tim Satgas, seperti fitur Pusat Keselamatan yang dapat diakses selama dan setelah perjalanan. Tim Satgas dapat melacak perjalanan terakhir Anda dan membantu memahami kejadian yang terjadi. Taksi online juga telah melatih para tim agar dapat membantu penumpang dalam berbagai situasi, termasuk saat terjadi kasus pelecehan seksual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.