Ingin Anak Gemar Baca Buku? Ini 7 Cara Cerdasnya

  • Bagikan
Ingin Anak Gemar Baca Buku? Ini 7 Cara Cerdasnya

PortalMadura.Com – Hidup di zaman modern ini tanpa disadari membuat sebagian anak kurang berminat dalam membaca buku. Mereka cenderung lebih memilih menggunakan iPad daripada harus membaca. Karena mereka menganggap bahwa dengan bermain gadget lebih membuatnya merasa senang.

Bagi orang tua, tentu akan merasa khawatir jika anaknya terus-terusan bermain sehingga tidak kenal batas waktu untuk menyisihkan membaca buku. Bahkan, bukan tidak mungkin jika anak akan menjadi pemalas dan bisa berpengaruh pada pelajaran di sekolahnya. Nah, jika Anda bingung mengatasinya, berikut ini ada beberapa tips cerdas agar anak gemar membaca:

Bacakan Buku Sedini Mungkin
Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan meletakan dasar yang kuat, yaitu membuatnya gemar membaca sedini mungkin. Sebuah studi yang dilakukan oleh Pacific Lutheran University menemukan bahwa bayi dapat mulai belajar dan memahami bahasa sejak dari dalam rahim.

Ini berarti jika Anda konsisten membaca dengan volume suara yang tenang dan lembut saat hamil, maka ada kemungkinan anak tersebut akan memiliki kegemaran yang sama di masa depan.

Buat Ritual Membaca bersama
Secara konsisten, jadikan kegiatan membaca bersama sebagai sebuah ritual yang dilakukan dengan anak-anak.

Jangan Mengkhawatirkan Kemampuan Anak dalam Membaca
Jika Anda menemukan si anak ingin membaca novel Harry Potter di usia 6 tahun, tidak masalah. Ada saatnya ia yang akan membacakan buku untuk Anda, bukan?.

Temukan Buku yang Sesuai dengan Minat Anak
Apa anak Anda begitu terobsesi dengan anjing, kucing, atau segala sesuatu tentang kebun binatang?. Berikan ia buku-buku tentang binatang. Seperti yang Anda ketahui. Mempelajari sesuatu yang disukai jauh lebih menyenangkan.

Dapatkan Inspirasi dari Film dan acara TV
Berita baik untuk Anda adalah ada berbagai acara televisi yang bagus diadaptasi dari sebuah buku. Jadi, ketika anak Anda begitu terobsesi dengan film-film tersebut, ada kemungkinan ia tidak akan melewatkan untuk membaca buku-nya.

Lakukan Kunjungan ke Perpustakaan secara Rutin
Jika dulu Anda jarang melakukan kunjungan ke perpustakaan, sekarang saatnya Anda melakukannya secara rutin dengan si anak. Berikan anak Anda akses ke perpustakaan berupa kartu anggota dan biarkan ia mengeksplorasi semua buku yang diinginkannya.

Bantu Anak Membuat Koleksi Bukunya Sendiri
Terakhir, anak akan selalu meniru orang tuanya. Jika di rumah ada sebuah rak penuh buku kesukaan Anda, anak cenderung akan memiliki keinginan akan hal yang sama. Buatkan sebuah rak buku untuknya sendiri di kamar dan biarkan ia mengisinya dengan buku-buku yang disukainya. (liputan6.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.