Ingin Atasi Kantuk Saat Menyetir? Yuk, Ikuti Tips Berikut!

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Atasi Kantuk Saat Menyetir? Yuk, Ikuti Tips Berikut!
ilustrasi (okezone.com)

PortalMadura.Com – Mengantuk saat keadaan menyetir merupakan hal yang kerap kali terjadi, terutama pada mereka yang sering menyetir dalam jarak jauh, ataupun saat menyetir pada malam hari.

Bahkan banyak pengemudi yang suka membohongi dirinya sendiri dengan memaksakan tubuh yang lelah dan mata yang mengantuk untuk tetap fokus berkendara. Jika sudah begitu, bisa fatal akibatnya. Oleh karena itu, berbagai cara ditempuh oleh pengemudi untuk mengatasi kantuk. Mulai dari beristirahat di rest area hingga minum kopi.

Berikut delapan cara yang dapat Anda lakukan agar tidak mengantuk selama perjalanan:

Minum Kafein
Kafein adalah suatu zat yang dapat mencegah kantuk. Zat ini biasanya terdapat pada minuman seperti kopi atau minuman berenergi. Meminum minuman dengan zat kafein dapat mengurangi rasa kantuk.

Jika terasa mengantuk, minumlah minuman dengan kadar kafein 75 miligram. Jumlah tersebut sama kadarnya dengan satu gelas kopi. Namun jika Anda bukan pecinta kopi, Anda bisa menggantiya dengan minuman teh seperti green tea.

Ambil Rehat dalam Perjalanan dan Tidurlah
Jika memang rasanya sudah tidak bisa ditahan lagi kantuk yang Anda rasakan, berhentilah di rest area terdekat. Anda bisa memejamkan mata dan tidur untuk menghilangkan kantuk. Tidur sekitar 20 hingga 30 menit dapat kembali menyegarkan tubuh.

Nikmati Perjalanan
Selama mengemudi, nikmati perjalanan bersama keluarga atau rekan. Mengobrol dengan mereka akan membuat rasa kantuk mungkin sedikit berkurang. Jangan mengemudi dengan ngebut karena ingin sampai dengan cepat ke tempat tujuan dan beristirahat. Tetap ikuti rambu lalu lintas yang ada di jalan dan datang ke tempat tujuan dengan selamat.

Buat Jadwal Terencana
Sebelum berangkat, alangkah baiknya jika Anda membuat jadwal yang terencana. Jika berangkat pada pagi hari, tidurlah lebih awal di malam harinya agar dapat beristirahat dengan cukup. Usahakan untuk beristirahat 6 hingga 8 jam agar tidak mengantuk saat menyetir.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.