Ingin Beli Motor Bekas yang Berkualitas Bagus? Ini 7 Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Beli Motor Bekas yang Berkualitas Bagus? Ini 7 Caranya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Membeli menjadi salah satu alternatif ketika budget tidak cukup untuk membeli motor baru atau menghindari tekanan kredit jika memaksa membeli motor baru di dealer. Namun, harus teliti agar tidak tertipu sebelum membeli motor bekas.

Selain itu, jangan tergiur harga murah yang ditawarkan apalagi menggunakan sistem online. Sebelum membeli motor bekas, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ini agar mendapatkan motor yang sesuai dengan keinginan Anda.

Lantas, bagaimana caranya agar ketika Anda membeli motor bekas tidak tertipu? Berikut ini caranya. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (27/8/2019) dari laman detik.com yang dikutip dari berbagai sumber.

Tentukan Jenis Motor

Dari banyaknya jenis motor dan spesifikasi yang berbeda-beda, matic atau manual, injeksi atau karbu, dan lain sebagainya, tentukan dahulu jenis motor yang Anda inginkan. Selain itu sesuaikan dengan budget dengan cara browsing di internet.

Hal ini agar Anda lebih dulu memahami jenis, tipe, dan harga motor yang diinginkan sebelum membeli dan sesuai kebutuhan agar tidak salah pilih.

Bertemu Penjual

Banyak iklan penjualan motor secara online, apalagi dengan harga yang miring. Hal ini membuat orang tertarik untuk membelinya. Namun hati-hati terhadap maraknya penipuan online, temui penjual atau Cash on delivery (COD) bila tertarik dengan motor yang ditawarkan di online.

Baca Juga: Begini Kesulitan Polisi Ungkap Bandar Narkoba di Madura

Kondisi Fisik

Dianjurkan membeli motor bekas yang masih standar bawaan pabrik. Motor yang sudah dimodif mempunyai risiko kerusakan tersembunyi.

Perhatikan setiap bagian motor, dari mulai body dan part-part motor apakah ada kerusakan. Lebih baik juga semua partnya asli atau standar pabrik.

Lihat Kondisi Kelistrikan

Pastikan kelistrikan, lampu-lampu, klakson, lampu speedometer, dan elektrik stater motor berfungsi atau hidup. Tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada masalah.

Periksa juga speedometer apakah ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika di atas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera diganti.

Cek Kondisi Mesin

Hidupkan mesin dan cek suara mesinnya apakah ada bunyi yang kasar dan tidak biasa. Mesin yang tidak bermasalah dapat langsung pada putaran kurang lebih 1.500 rpm.

Cek bagian mesin, apakah ada kebocoran oli atau air radiator bagi motor yang menggunakan radiator. Bila perlu buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.

Test Ride

Meminta izin dan ajak penjual untuk mencoba mengendarai motor tersebut. Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi.

Jika bukan motor matic, apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.

Jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir. Lakukan beberapa manuver dan cek keseimbangan, segitiga motor yang bengkok akan mempengaruhi keseimbangan laju motor.

Cek Surat

Terakhir, tips membeli motor bekas yaitu periksa surat-surat kendaraan lalu sesuaikan dengan nomor rangka dan mesin motor. Apabila sama belum tentu motor tersebut asli. Perhatikan lebih jelas apakah nomor rangka dan mesin motor adalah asli dan bukan ketokan kasar.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.