oleh

Ingin Berkendara Aman di Malam Hari? Ini 9 Caranya

PortalMadura.Com – Berkendara di malam hari mempunyai tantangan tersendiri. Tidak boleh diremehkan, karena pastinya akan sangat berbeda dengan siang hari.

Lantas apa saja yang perlu Anda persiapkan ketika akan berkendara di malam hari? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Toyota Astra Motor, berikut beberapa yang harus dilakukan pengendara saat berkendara di malam hari.

Persiapan Mobil

Pastikan mobil selalu ready buat melakukan perjalanan di malam hari. Lampu depan, lampu belakang, lampu indikator berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan mesin mobil, rem, ban-ban termasuk ban serep, dongkrak, segitiga pengaman, accu, harus dalam kondisi yang baik dan siap digunakan. Selanjutnya yang kerap dilupakan ialah membersihkan kaca-kaca mobil baik luar maupun dalam.

Ketepatan Arah Lampu Depan

Pastikan lampu depan arahnya tepat agar tidak bikin silau pengendara lain, selain itu jangan mengganti lampu dengan tipe yang bisa bikin silau pengendara lain meskipun itu menurut Anda lebih terang, tapi itu malah bisa bikin risiko kecelakaan.

Hindari Rokok dan Alkohol

Usahakan jangan merokok di mobil, karena nikotin dan karbon monoksida dari asap rokok bisa mengurangi kemampuan penglihatan di malam hari. Pastikan menyetir dalam keadaan sadar, sehat , tidak terpengaruh oleh obat-obatan, alkohol dan sejenisnya.

Nyalakan Lampu Jauh Jika Diperlukan

Jika ragu ada “sesuatu” di depan saat mobil Anda melaju sendirian, nyalakan lampu jauh. Lampu jauh tidak hanya membantu Anda melihat lebih jelas tapi juga membuat pengendara lain tahu kalo ada kendaraan Anda walau dari kejauhan.

Perlambat dan Jaga Jarak

Saat malam hari, akan lebih sulit mengukur jarak mobil lain, oleh sebab itu lebih baik kurangi kecepatan dan tambah jarak dengan mobil di depan atau di belakang Anda. Serta membuat persiapan jika terjadi pengereman mendadak.

Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Jauh

Jangan memasang lampu jauh jika melihat ada kendaraan dari depan, karena bisa buat silau pengemudi di depan. Selain juga jangan pasang lampu jauh saat Anda di belakang kendaraan lain, karena kendaraan di depan Anda bisa silau dari pantulan lampu di kaca spion.

Jika Silau karena Sorotan Lampu dari Kendaraan Lain Lakukan Hal Ini

Sering Anda disilaukan oleh sorotan lampu kendaraan di depan Anda, sebaiknya jangan pandang ke depan, tapi ke sisi kiri jalan untuk panduan arah agar Anda tidak dibutakan oleh lampu. Tentu saja harus tetap dalam keadaan konsentrasi penuh.

Saat Parkir Mobil

Hindari parkir ditempat sepi, usahakan parkir mobil di tempat yang terang. Selanjutnya jangan meninggalkan barang berharga, atau barang-barang yang bisa terlihat dari luar kaca.

Juga disarankan untuk terus melakukan periksaan dengan seksama dan pastikan mobil terkunci aman sebelum meninggalkan mobil. Tidak lupa, untuk terus melakukan periksaan jok belakang agar memastikan tidak ada barang yang tertinggal atau atau lain-lainnya.

Persiapkan Diri

Terakhir diingatkan untuk terus siap dalam keadaan apapun jika terjadi sesuatu. Jangan panik dan jangan sampe lupa bawa telepon selular karena saat terjadi sesuatu bisa memanggil bala bantuan.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com

Komentar