Ingin Berkurban Tapi Tak Punya Biaya? Lakukan Amalan Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Berkurban Tapi Tak Punya Biaya? Lakukan Amalan Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu ibadah dalam agama Islam yang dilakukan setahun sekali pada saat hari raya haji, yaitu . Seperti halnya haji, ibadah ini hanya ditujukan untuk orang yang mampu secara finansial.

Pasalnya, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli hewan kurban, seperti sapi, unta, dan kambing maupun hewan kurban lainnya yang memenuhi ketentuan secara syariat. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak mampu melaksanakannya, ternyata ada amalan yang pahalanya bagaikan orang yang berkurban.

Dalam sebuah riwayat hadis sahih, Imam Bukhori dan Imam Muslim, menjelaskan, bahwa amalan seperti ini bisa jadi pengganti ibadah kurban bagi yang belum mampu melakukannya. Lantas, amalan apakah itu?.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi besar lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah-seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan kedua, maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan ketiga, maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan keempat, maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan kelima, maka dia seolah-olah berkurban dengan telur. Dan apabila imam sudah berkhotbah, maka para malaikat hadir mendengarkan zikir (khotbah),” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berkurban memang tidak wajib dikerjakan, tapi setiap umat muslim yang beriman kepada Allah SWT pasti ingin menunaikan ibadah ini. Jika di tahun ini Anda tidak dapat berkurban, semoga di tahun yang akan datang Anda bisa melakukannya. Paling tidak, Anda selalu diberi kemudahan untuk mengamalkan amalan yang setara dengan berkurban. Wallahu A'lam. (kabarmakkah.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.