Ingin Bersaing dengan Kabupaten Maju, Bupati Luncurkan Aplikasi Pamekasan Smart

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Bersaing dengan Kabupaten Maju, Bupati Luncurkan Aplikasi Pamekasan Smart
Launching Aplikasi Pamekasan Smart (Foto. Marzukiy)

PortalMadura.Com, – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, H. Baddrut Tamam meluncurkan aplikasi ‘‘ untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat di area Monumen Arek Lancor, Sabtu (16/2/2019) malam.

Aplikasi tersebut untuk mempermudah masyarakat menyampaikan aspirasi serta keluhan yang meliputi pendidikan, kesehatan, fasilitas umum, layanan umum, wisata, penginapan dan ragam pelayanan lainnya.

“Orientasi dari Pamekasan Smart adalah mempermudah semua proses pelayanan, mendekatkan pelayanan serta memberikan pelayanan lebih sempurna dan excelent kepada masyarakat Pamekasan. Semangat ini merupakan bentuk ikhtiar untuk menciptakan layanan yang gesit,” kata bupati dalam sambutannya.

Untuk menciptakan kabupaten yang berdaya saing dengan kabupaten maju sebagaimana komitmen selama masa kepemimpinannya, bupati meminta kepada semua stake holder agar tidak mengerjakan tugas dengan biasa-biasa saja, karena hal yang biasa tidak akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Termasuk dalam menciptakan aplikasi pelayanan tersebut.

“Ini merupakan ikhtiar kita semua, bukan hanya saya dan pak wabup, tapi kita semua. Sekali lagi saya sampaikan karena kita ingin berdaya saing dengan kabupaten-kabupaten maju di Indonesia,” tandasnya.

Setelah membentuk mall pelayanan publik yang dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan segala pengurusan administrasi kepada masyarakat. Komitmen membentuk Pamekasan Hebat dan Maju dibuktikan dengan membuat aplikasi Pamekasan Smart yang akan menampung secara langsung aspirasi dan keluhan masyarakat bumi Gerbang Salam.

Dalam aplikasi tersebut ada menu e-lorong yang bisa diakses oleh masyarakat, menu ini untuk mempermudah laporan tentang jalan rusak. Jalan yang rusak tersebut difoto selanjutnya dikirim kepada instansi terkait melalui aplikasi Pamekasan Smart. Bahkan, pelapor bisa chating langsung dengan admin di organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Kemudian menu e-madul, menu ini adalah keluhan atau aspirasi masyarakat yang ingin menyampaikan langsung kepada Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, dan banyak menu-menu lain yang bisa diakses oleh masyarakat Pamekasan.

E-Lorong dan E-Madul Bupati walaupun masyarakat tidak bertemu langsung dengan bupati dan pak wabup bisa langsung menyampaikan sesuatu yang memang perlu cepat dilakukan. Kenapa kita buat e-lorong, karena masyarakat di beberapa tempat sering mengadu langsung kepada saya, ngirim surat tentang kondisi jalan. Dengan adanya e-lorong cukup difoto dan dikirim ke Pamekasan Smart, baru kemudian dinas terkait bergerak cepat untuk memperbaiki jalan yang harus diperbaiki oleh pemerintah,” jelasnya.

Dia berharap, dengan adanya aplikasi tersebut segala bentuk keluhan, aspirasi serta persoalan masyarakat lainnya bisa dengan cepat diselesaikan. Karena menyongsong era 4.0 bekerja harus cerdas agar bisa bersaing dengan kabupaten maju di Nusantara.

“Kalau sudah ada e-madul bupati saya kira bisa dengan cepat mengcover menyelesaikan persoalan. Ini adalah bagian dari ikhtiar kita dalam pertarungan kabupaten ini bersaing di era 4.0 menuju Pamekasan Hebat, Rajjah, Bajrah tor Parjugah,” tandasnya.

Pantauan PortalMadura.Com, hadir dalam acara launching aplikasi Pamekasan Smart tersebut adalah kapolres Pamekasan, Dandim 0826 Pamekasan, dan semua OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.

“Launcing dalam membuat produk unggulan dalam pelayanan itu baik. Tetapi tidak kalah baiknya adalah memperbaiki kinerja kita semua. Memperbaiki Pamekasan Smart ini lebih lengkap dan baik dengan tampilan yang menarik,” katanya memungkasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.