Ingin Bikin Podcast dengan Smartphone? Ini 5 Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Bikin Podcast dengan Smartphone? Ini 5 Caranya
Ilustrasi (Hipwee)

PortalMadura.Com – Konten podcast saat ini banyak diminati dan dibuat oleh Youtuber, selebgram atau bahkan masyarakat awam. Untuk membuatnya, biasanya menggunakan alat-alat canggih sehingga hasilnya maksimal.

Namun ternyata Anda juga bisa membuat konten podcast menggunakan smartphone. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini beberapa cara bikin podcast menggunakan smartphone:

Tentukan Tema Pembicaraan

Siapkan naskah lebih dulu sesuai tema yang ingin dibicarakan. Kalau memungkinkan, pilih topik relevan yang dapat menarik pendengar.

Cara paling mudah untuk memilih topik adalah membahas sesuatu yang disukai atau menjadi passion. Berbekal topik yang dikuasai, para pendengar podcast dapat menilai kamu sebagai ahli yang terpercaya.

Pasang Smartphone di Posisi Tepat

Posisi smartphone saat merekam menentukan hasil dari rekaman audio. Posisi smatphone sebaiknya diletakkan dengan jarak yang cukup untuk menghindari suara hembusan angin dari mulut atau hidung.

Untuk episode pembuka, sebaiknya buatlah konten perkenalan terlebih dulu, seperti tentang dirimu maupun topik yang akan dibahas dalam podcast secara singkat dan informatif.

Rekam Suara Anda

Saat merekam menggunakan smartphone, sebaiknya matikan notifkasi dan Anda dapat mulai merekam suara. Pastikan pula hasil rekaman jelas saat melakukannya.

Sebagai catatan, ada baiknya Anda juga melakukan improvisasi dari naskah yang sudah disiapkan agar podcast terdengar lebih alami. Durasi podcast pun bisa disesuaikan, biasanya antara 20 hingga 60 menit.

Sunting dan Unggah

Kamu dapat menggunakan aplikasi penyunting suara, seperti Audacity sebagai langkah selanjutnya setelah melakukan perekaman. Tambahkan keterangan dan deskripsi untuk masing-masing episode podcast.

Buat juga rangkuman singkat untuk menjelaskan topik di episode tersebut. Untuk mulai mengunggah audio file, Anda bisa menggunakan layanan third-party seperti Anchor.fm untuk mengunggah tayangan podcast ke berbagai platform media digital, seperti Spotify atau Soundcloud.

Pilih Smartphone Andal

Meski menggunakan smartphone, Anda setidaknya tetap memperhatikan spesifikasi perangkat tersebut. Salah satunya adalah perangkat yang memiliki RAM dan ROM lega.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.