Ingin Buat Film Pakai Smartphone? Ini Dia Triknya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin-Buat-Film-Pakai-Smartphone-Ini-Dia-Triknya
Ilustrasi (gayatekno.id)

PortalMadura.Com – Ingin buat hanya dengan pakai smartphone, kenapa tidak?. Sebagaimana Anda ketahui, sekarang ini sudah serba canggih dan instan. Jadi, tidak harus menggunakan peralatan sebanyak-banyaknya layaknya membuat film sesungguhnya, cukup smartphone yang Anda miliki sudah bisa jadi karya film yang bagus.

Percaya atau tidak Anda bisa membuktikannya sendiri. Karena, ada banyak hal yang dimudahkan dengan teknologi di dalam perangkat tersebut. Namun bagi pemula, Anda tentu masih akan bingung awal membuatnya. Lantas, bagaimana caranya?.

Dilansir PortalMadura.Com, Selasa (26/10/2021) dari laman Liputan6.com, Sutradara Jay Subiyakto mengingatkan bahwa apabila ingin membuat film menggunakan ponsel pintar, yang terpenting adalah ide yang ada dalam diri manusia.

“Apa pun itu, sebenarnya di film adalah ide dari sutradaranya, bukan dari peralatan,” kata Jay.

Jay mengatakan, ide sesungguhnya ada di pikiran manusia, bukan alat yang digunakan, sehingga teknologi digunakan agar seseorang bisa mencapai ide tersebut.

“Yang penting, selalu kita pikir dari otak kita sendiri, dari budaya kita sendiri. Jadi kita selalu mengakar pada kebudayaan kita sendiri,” tambah sutradara film ‘Banda The Dark Forgotten Trail' itu.

Menurutnya, meski teknologi yang digunakan berasal dari luar, tetapi apa yang ditampilkan dalam film dapat mengandung budaya dan seni dari negeri sendiri.

Menarik untuk Dijelajahi

Sementara itu, menurut sutradara Riri Riza, teknologi perekaman sekarang sudah berkembang dan menarik untuk dijelajahi oleh anak-anak muda dan pembuat film.

“Dia bisa menjadi alat cerita yang akan menjadi, seperti identitas yang sangat personal dari setiap pembuat film,” kata sutradara ‘Petualangan Sherina' ini.

Riri mengatakan, seorang pembuat film seharusnya terus mencari gayanya dalam bercerita, serta mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

“Keterbatasan teknologi juga bisa menjadi estetikanya,” kata pria yang memulai debut penyutradaraannya di film ‘Kuldesak'.

Riri menegaskan, seorang pembuat film yang benar-benar cinta akan dunia perfilman dan suka bercerita dengan medium itu, maka bisa memanfaatkan smartphone untuk membuat kreativitas yang berbeda dengan yang lain.

Interkonektivitas

Sutradara Garin Nugroho, dalam kesempatan yang sama, mengatakan smartphone harus bisa menjadi perpustakaan, ruang workshop, serta pameran dari karya.

“Nanti kalau interkonektivitas itu berjalan lebih luas, antara handphone, bioskop, lalu post produksi yang CGI, dan sebagainya, justru teknologi handphone ini membawa perluasan dan kesatuan,” kata Garin.

Perluasan dan kesatuan tersebut bisa terjadi penonton, ruang tonton, workshop, dan perpustakaan, serta teknologi-teknologi baru yang saling mendukung untuk menjadi sebuah karya bagus.

Garin berpesan, apabila seseorang ingin membuat film dengan handphone, perlu diingat bahwa perangkat tersebut sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan di era digital.

“Dan handphone adalah interkonektivitas yang paling efisien, efektif, di tangan kamu. Jadi jalankan saja, besok juga langsung ciptakan saja,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.