Pergantian Musim, Warga Sumenep Diimbau Lebih Waspada

Avatar of PortalMadura.com
Pergantian Musim, Warga Sumenep Diimbau Lebih Waspada
Abd. Rahman Riadi

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa, Timur, meminta warga lebih waspada pada pergantian musim kemarau ke penghujan tahun 2021.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi menyebutkan, pada pergantian musim itu ada beberapa hal yang perlu diwaspadai oleh warga Sumenep.

“Di antaranya, bisa terjadinya potensi hujan deras yang mengakibatkan longsor dan banjir serta angin kencang berupa puting beliung,” katanya, Selasa (26/10/2021).

Wilayah yang sering terjadi longsor saat musim penghujan yakni di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Pragaan dan Guluk-guluk.

Sedangkan terjadinya angin puting beliung biasanya di pesisir pantai seperti Desa Pinggir Papas, Kecamatan Kalianget.

“Ini dimungkinkan terjadi berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemilu 2024, PDI Perjuangan Targetkan 12 Kursi di Sumenep

Pihaknya juga meminta warga agar tidak panik dan tetap waspada pada pergantian musim. “Jangan membuang sampah sembarangan karena dapat menutup saluran air tersumbat yang dapat menimbulkan genangan air,” katanya.

Menurutnya, selama terjadi angin puting beliung dan longsor di Kabupaten Sumenep tidak ada korban jiwa. Namun, untuk kerusakan bangunan warga terbilang cukup sedikit dengan prosentase di bawah 50 bangunan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.