oleh

Ingin Foto Makanan atau Produk dengan Kamera HP? Ini 5 Caranya

PortalMadura.Com – Saat ini smartphone tidak hanya digunakan untuk komunikasi tapi juga bisa untuk mengabadikan momen dengan kamera yang terdapat didalamnya. Tidak perlu ragu, karena kualitas kameranya sudah canggih. Sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu contohnya yaitu memotret produk atau makanan yang akan dijual di toko online. Sebelum melakukan hal itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil yang didapat maksimal. Apa saja?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini beberapa cara yang perlu dilakukan pasa saat memotret produk atau makanan untuk dijual di toko online.

Perhatikan Arah Cahaya

Perhatikan arah cahaya baik itu dari belakang (backlight) atau dari samping (sidelight). Cahaya yang berasal dari samping atau belakang ini bisa memberikan dimensi pada produk atau makanan yang mau difoto.

Perhatikan Intensitas Cahaya

Intensitas cahaya juga harus diperhatikan. Jangan terlalu ‘keras’ atau juga terlalu lembut. Jarak produk dari jendela bisa disesuaikan dengan intensitas cahaya, kurang lebih 1 meter. Jika cahaya terlalu keras, anda bisa memanfaatkan vitrage (gorden yang semi transparan) untuk mengurangi intensitasnya.

Maksimalkan Ponsel

Memotret menggunakan ponsel terbilang jauh lebih simpel ketimbang menggunakan DSLR/mirrorless, karena tak perlu repot memilih lensa. Anda hanya perlu mengoptimalkan pengaturan dalam menu kameranya.

Pilih Properti yang Tepat

Properti bisa dipilih yang warnanya senada dengan background. Namun harus diingat, ukurannya jangan melebihi ukuran produk yang akan difoto karena akan mengalihkan ‘perhatian’ dari objek yang ingin ditonjolkan.

Jangan Lupakan Negative Space

Harus menyisakan ‘ruang kosong’ dalam frame foto, alias jangan dipenuhi oleh objek dan berbagai properti. Ruang ini nantinya bisa diisi dengan berbagai teks yang menjelaskan si objek.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Detik.com

Komentar