Ingin Jual Mobil Bekas Secara Online? Lakukan 6 Cara Ini Agar Cepat Laku

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Jual Mobil Bekas Secara Online? Lakukan 6 Cara Ini Agar Cepat Laku
Ilustrasi (Tempo.co)

PortalMadura.Com – Saat ini menjual sangat mudah dilakukan. Hanya dengan memasang iklan di internet, yang menyatakan bahwa menjual mobil bekas.

Selain itu, untuk lebih menarik peminat pembeli, Anda perlu melakukan beberapa cara ini. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut penjelasannya:

Tampilkan Spesifikasi Umum

Pertama tampilkan identitas mobil yang mau dijual. Data ini dapat Anda temukan di lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Di awali dari merek, tipe, tahun pembuatan, warna bodi, kapasitas mesin, jenis bahan bakar dan tahun registrasinya. Apakah hal tersebut penting? Ya, karena calon konsumen mencari informasi dasar mobil idamannya lebih dahulu. Biasanya informasi dasar tersebut pun menjadi informasi penting yang wajib Anda input di aplikasi penjualan mobil bekas yang Anda gunakan.

Di samping itu, jenis varian dan pola transmisi perlu dipajang dalam iklan. Pasalnya setiap varian mobil mempunyai pasaran harga yang berbeda, hal ini pun berlaku untuk pilihan transmisi. Misalnya kasta tertinggi dari mobil, pastinya harga jual bekasnya lebih tinggi daripada varian standarnya dengan tahun yang sama, karena kelengkapannya lebih banyak.

Kelengkapan Dokumen

Setelah menampilkan spesifikasi umum mobil yang mau dijual, berikutnya surat-surat legalitas. Anda dapat menuliskan istilah ‘tangan pertama' yang mengartikan bahwa mobil yang dijual masih atas nama pemilik pertama pada Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) nya dan ‘tangan kedua' jika mobil sudah pernah berganti nama kepemilikan satu kali. Karena pertanyaan ini sering ditanyakan oleh konsumen untuk memastikan keabsahannya.

Selain itu, pada STNK, Anda juga perlu menginformasikan sisa waktu dari pajak tahunan mobil. Masalahnya, beberapa konsumen tidak ingin mengeluarkan tambahan biaya untuk memperpanjang pajak tahunan. Agar menarik, ada baiknya jangka waktu tersisa pajak itu tersisa beberapa bulan sehingga dituliskan ‘Pajak Panjang'. Perlu diingat juga, untuk menuliskan informasi bahwa nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan STNK dan BPKB. Bila ingin menyingkatkan cukup menuliskan ‘Nomor Rangka dan Nomor Mesin Akur'.

Kondisi Kendaraan

Berikutnya kondisi kendaraan. Ada beberapa poin penting yang perlu dibahas. Pertama odometer, jarak tempuh kendaraan dalam satuan kilometer. Kedua, keadaan bodi mobil apakah ada baret, penyok, bermasalah, atau mungkin semua dalam kondisi segar, karena memang jarang digunakan atau sehabis keluar dari bengkel asuransi. Di posisi terakhir adalah keadaan ban. Ya, kulit bundar ini merupakan komponen di kendaraan yang dapat habis, baik karena pemakaian dan masa pakainya.

Supaya memudahkan, angka odometer yang dimaksud tampil di cluster meter yang tidak bisa direset manual. Anda bisa meminjam istilah ‘keep going'. Kemudian untuk kondisi ban bisa menggunakan persentase, agar calon pembeli dapat memperkirakan waktu pergantiannya.

Penjelasan Fitur Umum

Setidaknya ada beberapa fitur umum kendaraan yang sudah menjadi singkatan bagi kaum awam. Untuk mengetahuinya Anda bisa membrowsing laman website dari brand mobil tersebut atau merujuk dari brosurnya. Dalam rangka menghemat waktu dan mempercepat waktu orang melihat iklan mobil Anda, silahkan untuk menyingkatnya. Akan tetapi tidak semuanya bisa disingkat. Anda tidak perlu menumpahkan segala macam informasi yang ada di brosur atau website ke dalam halaman jualan. Karena akan membuang waktu dan dapat membuat calon pembeli kehabisan waktu serta menjadi bingung.

Istilah fitur yang umumnya disingkat dan dapat digunakan seperti PW dari Power Window, PS untuk power steering, CL dari Central Lock, AC dari pendingin udara, DB dari double blower, ABS untuk sistem deselerasi Anti-lock Braking System, AT dari transmisi otomatis, MT untuk transmisi manual dan lainnya.

Foto Yang Deskriptif

Foto dapat mendeskripsikan lebih banyak dibandingkan kata-kata', merupakan pernyataan yang tepat, apalagi saat Anda ingin menjual mobil via bursa . Dengan pendekatan ini, calon konsumen bisa mengetahui bagaimana kondisi dan tampilannya. Sayangnya, pada poin ini, masih banyak yang menganggapnya urusan sepele. Ada yang foto dengan kondisi berjejer kendaraan lain, ada yang hanya memberikan satu foto dan juga foto dalam posisi yang ‘kurang fokus'. Jadi seperti apa idealnya?

Pastikan mobil dalam keadaan bersih dan mendapatkan cahaya memadai. Tidak perlu banyak foto karena bukan album kenangan, setidaknya 4 foto sudah cukup. Sudut pertama adalah bagian depan dengan posisi menyerong yang memperlihatkan bagian muka hingga buritan, lalu keduanya, bodi samping dan ketiga sektor belakangnya. Nah yang keempat ialah gambar dashboard keseluruhan. Dengan begitu bisa menggambarkan lebih komprehensif.

Harga Jual Reasonable

Salah satu penentu kesuksesan Anda dalam menjual mobil adalah banderolnya. Bila kemahalan, pasti sukar lakunya, tetapi kalau kemurahan, calon konsumen bisa curiga apakah mobil ini ada masalah ke depannya. Alangkah bijaknya, sebelum menuliskan harganya, Anda melakukan survei pasar terlebih dulu. Caranya dengan membandingkan mobil dan tahun yang sama serta spesifikasi umumnya, lalu perhatikan rentang harga yang tampil. Ini bisa dilakukan dengan browsing di Internet, melihat iklan baris di koran atau berkunjung ke sentra penjualan mobil bekas.

Ketika sudah menemukan harga yang sesuai, silahkan Anda tuliskan dan jangan lupa untuk menyediakan opsi nego (harga bisa dinegosiasi). Dengan begitu, kemungkinan calon pembeli yang menghubungi akan lebih besar. Serta ada baiknya memaparkan apa saja yang akan didapatkan, seperti perlengkapan standar sampai perlindungan asuransiatau garansi yang masih berlaku. Sehingga, semakin ‘worth it' banderol harga jual mobil yang Anda inginkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.