Ingin ke Luar Negeri? Gunakan 5 Teknologi Ini Agar Perjalanan Anda Menyenangkan

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin ke Luar Negeri? Gunakan 5 Teknologi Ini Agar Perjalanan Anda Menyenangkan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Melakukan perjalanan ke tentu sangat menyenangkan apalagi dalam rangka liburan bersama keluarga. Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat, seperti passport dan visa.

Namun selain itu, ada beberapa hal yang berkaitan dengan yang juga perlu Anda persiapkan agar perjalanan ke luar negeri bisa lebih lancar. Lantas apa saja hal itu?

Berikut ulasannya:

Persiapkan Ponsel dan Kartu SIM
Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memastikan ponsel Anda dapat berfungsi di luar negeri. Terlepas dari penggunaan WiFi, Anda harus memastikan ponsel bisa kompatibel di negara yang akan dikunjungi.

Di Amerika Serikat (AS), misalnya, ada operator AT&T dan T-Mobile yang menjalankan jaringan GSMA, sedangkan Sprint dan Verizon menggunakan CDMA. Di luar negeri, kebanyakan negara menggunakan GSM.

Namun jika ingin lebih mudah, pasang paket seluler, terutama data roaming sebelum ke luar negeri untuk mempermudah perjalanan. Biasanya, operator dalam negeri bekerja sama dengan banyak operator di berbagai negara untuk layanan roaming ini.

Setelahnya, Anda hanya tinggal mengaktifkan pengaturan roaming ketika sudah sampai di luar negeri dan menggunakan layanan telekomunikasi seperti biasa.

Pakai Aplikasi Pesan Pihak Ketiga
Mengirim SMS dari luar negeri akan memakan biaya yang cukup mahal dibandingkan biasanya. Untuk memangkas biaya, sebaiknya pakai aplikasi pesan ketiga seperti BBM, Facebook Messenger dan WhatsApp.

Jika memasang paket data roaming, tentu komunikasi melalui internet akan lebih murah dibandingkan mengirim SMS atau telepon. Aplikasi pesan kini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video.

Google Translate
Jika ada kendala bahasa, sebaiknya Anda memasang aplikasi penerjemah Google Translate. Aplikasi ini setidaknya bisa membantu komunikasi dengan orang asing. Selain itu, Google Translate juga memiliki mode kamera yang bisa menerjemahkan teks secara langsung. Mode kamera ini juga tersedia untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia.

Google Translate bisa bekerja secara online dan offline. Untuk menghemat waktu dan data, unduh terlebih dahulu bahasa yang diinginkan. Caranya, tap ikon Settings, lalu pilih Offline translation, kemudian pilih bahasa yang ingin diunduh.

Google Maps
Google Maps juga memiliki mode offline, sehingga tetap dapat digunakan jika terkendala sinyal di lokasi-lokasi tertentu. Anda bisa memilih terlebih dahulu data area yang akan diunduh, lalu akses menu Offline maps untuk mengunduhnya.

Fitur offline ini berfungsi petunjuk arah mengemudi, tapi tidak untuk bersepeda dan berjalan kaki.

Universal Power Adapter
Perangkat ini sangat penting untuk dibawa ke luar negeri. Universal power adapter ini mempermudah Anda untuk mengisi daya baterai ketika di luar negeri, mengingat beberapa negara memiliki desain charger berbeda.

Sebaiknya bawa adapter charger, yang tidak hanya bisa digunakan untuk satu perangkat saja. Saat ini banyak tersedia di pasaran universal power adapter dengan dua atau empat port USB, sehingga Anda bisa mengisi daya sejumlah perangkat sekaligus.

Itu tadi deretan perangkat dan aplikasi terkait teknologi yang bisa membantu Anda berlibur di luar negeri. Selamat berlibur! (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.