Ingin Kecantikan Kulit Anda Makin Terpancar? Yuk, Manfaatkan Ampas Teh

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Kecantikan Kulit Anda Makin Terpancar? Yuk, Manfaatkan Ampas Teh
ilustrasi

PortalMadura.Com – Teh merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari berbagai kalangan. Minuman yang kaya anti oksidan ini, bisa dikonsumsi hangat maupun dingin. Biasanya, sebagian orang setelah mengonsumsi secangkir teh ampasnya langsung dibuang.

Padahal, bukan hanya tehnya saja yang banyak mengandung khasiat, ternyata ampasnya juga bermanfaat bagi kulit Anda. Penasaran, apa saja manfaatnya bagi kecantikan kulit Anda?.

Berikut ini info lengkapnya:

Mencegah Penuaan Dini
Khawatir akan masalah penuaan dini pada kulit? Tenang saja! Anda bisa memanfaatkan untuk membuat kulit lebih kencang. Caranya cukup mudah, kok. Baurkan ampas teh secara merata pada wajah dalam kondisi bersih, kemudian diamkan hingga mengering. Setelah itu, basuh dan bersihkanlah ampas teh yang menempel pada wajah dengan air suam-suam kuku hingga bersih.

Seperti yang telah diketahui banyak orang, teh memang tinggi akan anti-oksidan. Selain dapat membantu memperbaiki jaringan dan elastisitas kulit, bahan alami ini juga baik untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, age spot dan juga kerutan.

Menyamarkan Kantung Mata
Terlalu lama menatap layar laptop atau sering bekerja hingga larut juga menjadi salah satu penyebab timbulnya kantung mata yang hitam dan membesar. Selain mengatasinya dengan eye cream, Anda bisa juga memanfaatkan ampas teh untuk mengurangi masalah tersebut.

Teh memiliki sifat anti-iritasi dan anti-oksidan tinggi yang dapat mengurangi pembengkakan di area sekitar mata. Kompres kedua bagian mata Anda dengan ampas teh atau kantung bekas teh yang telah dicelupkan ke dalam air es untuk mendapatkan efek dingin yang menyejukkan. Biarkan sampai Anda merasa rileks, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Rutin melakukan hal ini minimal seminggu tiga kali, rupanya juga bisa mengurangi mata lelah serta membantu mengembalikan rona cerah alami pada kulit di area mata.

Mengatasi Masalah Jerawat
Berbagai produk skin care sudah Anda coba untuk mengatasi jerawat, namun hasilnya tetap nihil? Mungkin Anda perlu mencoba ampas teh. Cara pengaplikasiannya pun cukup simpel. Anda hanya perlu mencampurkan ampas teh dengan air hingga teksturnya mengental. Oleskan pada kulit wajah yang berjerawat, kemudian diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Lakukan langkah ini setiap hari hingga masalah jerawat Anda mereda. Senyawa katekin di dalam teh bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Selain tentunya lebih ekonomis, menggunakan teh untuk perawatan kecantikan juga lebih efisien dan aman karena merupakan bahan alami yang minim akan efek samping.

Mengontrol Produksi Kelenjar Minyak
Kulit wajah Anda super berminyak? Tidak perlu khawatir. Selain mengurangi jerawat, ampas teh juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi kilap di wajah, lho. Bahan alami ini memiliki kandungan senyawa polisakarida yang bermanfaat untuk mengatur keseimbangan kadar gula yang juga memengaruhi produksi kelenjar sebum yang menyebabkan kadar minyak berlebih. Cara mengaplikasikannya cukup simpel, bahkan tidak berbeda jauh dengan langkah di atas.

Membantu Pengelupasan Kulit
Ampas teh memiliki tekstur cenderung kasar sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati. Selain mampu mengangkat berbagai kotoran, debu dan polusi, kandungan di dalam teh juga dikenal baik untuk menenangkan, menghaluskan dan mencerahkan rona kulit.

Kalau ingin mencobanya, coba baurkan ampas teh pada seluruh permukaan wajah. Kemudian, pijat lembut area wajah dengan gerakan memutar dengan tekanan pelan. Diamkan selama 5 – 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Dalam sepekan, Anda hanya perlu melakukan cara ini satu atau dua kali saja untuk menghindari menipisnya lapisan kulit akibat terlalu sering dieksfoliasi. Untuk menghindari masalah kulit, sebaiknya Anda tidak menggunakan ampas teh yang sebelumnya telah diberi macam-macam campuran, misalnya gula, susu, atau bahan lainnya. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.