oleh

Ingin Kulit Berminyak Anda Bebas Masalah? Hindari 5 Hal Ini

PortalMadura.Com – Kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang terkadang memicu timbulnya masalah pada kulit seperti jerawat dan komedo. Selain itu, jika produksi minyak berlebih maka tampilan kulit akan terlihat kusam sehingga terkadang timbul rasa kurang percaya diri.

Jika hal itu terjadi pada kulit Anda, tentunya Anda harus paham penyebab dan cara mengatasinya. Sehingga Anda akan lebih mudah melakukan perawatan. Namun ternyata selain itu, Anda juga harus tahu beberapa hal yang perlu dihindari agar kulit berminyak tidak menimbulkan masalah kulit lainnya.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini beberapa hal yang tidak perlu Anda lakukan jika Anda punya jenis kulit berminyak.

Air Panas

Air panas mampu mengikis minyak alami pada kulit sehingga menyebabkan kulit jadi kering. Saat kulit kering, maka kulit juga kerap memproduksi minyak berlebih dan membuat kulit berminyak, terlihat kusam dan tidak seimbang.
Oleh sebab itu, pastikan untuk mengoptimalkan kondisi kulit dengan membersihkan wajah dengan menggunakan air bersuhu ruang yang aman bagi kulit.

Menggunakan Pembersih Wajah yang Terlalu Keras

Pilih pembersih wajah dengan formula lembut di kulit. Ingatlah jika kandungan yang terlalu keras atau mengandung detergen bisa menjadikan kulit semakin kering dan mudah teriritasi. Hal ini yang membuat kulit jadi lebih berminyak dan menimbulkan masalah kulit lainnya.

Menggunakan Kandungan Skincare yang Mengandung Alkohol

Bagi kulit berminyak, usahakan untuk hidrasi kulit agar keseimbangan lebih terjaga. Sedangkan kandungan alkohol justru bisa membuat kulit kering dan semakin berminyak. Jadi, usahakan untuk menghindari kandungan alkohol bagi kulit berminyak.

Hindari Kandungan Skincare yang Dapat Menimbulkan Komedo

Selalu pastikan untuk cek label kandungan skincare atau kosmetik yang digunakan. Pilih yang diformulasikan bebas non-comedogenic, sehingga tidak menyumbat pori-pori yang menyebabkan kulit semakin berminyak.

Tidak Lakukan Eksfoliasi Berlebih

Eksfoliasi berlebih mampu menjadikan kulit semakin berminyak dan teriritasi. Jadi, usahakan untuk tidak eksfoliasi kulit secara berlebih agar keseimbangan kulit tetap terjaga.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Fimela.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.