Ingin Minum Obat saat Puasa? Ini Waktu Paling Tepat

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Minum Obat saat Puasa? Ini Waktu Paling Tepat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ibadah merupakan kewajiban bagi umat Islam. Namun, tantangan selama bulan puasa biasanya menghalangi umat Islam untuk berpuasa. Salah satunya adalah sakit.

Ketika sedang sakit, menjalankan puasa akan terasa lebih berat. Terlebih lagi, Anda juga harus berpikir bagaimana cara agar segera lekas sembuh, padahal sedang puasa.

Oleh karena itu, selama Anda menjalankan puasa sebaiknya Anda menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap fit dan tidak mudah sakit. Akan tetapi, apa jadinya jika Anda diharuskan tetap meminum obat selama puasa?. Karena, ada beberapa orang yang diharuskan tetap meminum obat sebab mengidap penyakit tertentu.

Nah, berikut ini lima tips meminum obat yang paling tepat di waktu puasa:

1. Anda bisa merubah jadwal minum obat saat sahur dan buka puasa. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker mengenai perubahan jadwal tersebut.

2. Obat yang dikonsumsi satu kali sehari tetap dapat dikonsumsi seperti biasa. Anda tinggal memilih kapan mau minum obat. Apakah saat sahur atau buka puasa?.

3. Obat yang dikonsumsi dua kali sehari dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

4. Obat yang harus diminum tiga kali sehari atau lebih harus Anda konsumsi dengan obat lain yang masih memiliki efek sama tetapi durasi aksinya lebih panjang. Hal itu membuat frekuensi minum obat menjadi lebih sedikit. Untuk melakukan hal ini, Anda harus memakai resep dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila obat yang dikonsumsi tidak bisa diganti dengan obat lain sehingga mengharuskan Anda tetap mengonsumsinya sebanyak tiga kali, Anda bisa minum obat dengan jeda 5 jam sekali dari buka puasa hingga sahur.

Lalu, bagaimana dengan obat yang harus dikonsumsi empat kali sehari?. Anda bisa meminum obat dengan jeda sekitar 3 jam sekali untuk mengonsumsi obat, mulai dari berbuka puasa sampai dengan sahur.

5. Apabila dianjurkan minum obat sebelum atau sesudah makan, maka hal itu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan minum obat di waktu normal. Obat yang harus dikonsumsi sebelum makan tetap bisa diminum tiga puluh menit sebelum Anda menyantap makanan saat berbuka puasa maupun saat sahur.

Untuk obat yang diminum setelah makan pun sama saja. Anda bisa meminum obat 5–10 menit setelah lambung Anda terisi makanan. Namun, jika ada obat yang harus diminum setelah makan saat tengah malam, jangan Anda menganggap perut masih terisi dengan makanan saat berbuka puasa. Anda tetap harus makan roti atau sedikit nasi sebelum meminum obat. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.