Ingin Pasang Talang Air Mobil? 4 Hal Ini Harus Diperhatikan

Avatar of PortalMadura.com
Ingin-Pasang-Talang-Air-Mobil-4-Hal-Ini-Harus-Diperhatikan
Ilustrasi (Medcom.id)

PortalMadura.Com – Talang air atau merupakan salah satu komponen mobil yang mempunyai fungsi cukup penting, khususnya mencegah air tidak masuk ke dalam kabin. Apalagi di musim hujan seperti saat ini, biasanya air mudah masuk.

Jadi, door visor ini bukan hanya aksesori saja. Keberadaannya juga perlu diperhatikan. Bukan tidak mungkin bagian dalam mobil Anda akan basah apabila komponen ini sudah rusak?.

Dikutip Liputan6.com dari laman Suzuki, talang air terletak di bagian atas jendela. Lalu, door visor (pelindung pintu) direkatkan di bracket (mengurung) yang ada di atas pintu mobil. Pemasangan talang air ini termasuk dalam standar pembuatan mobil karena fungsinya.

Namun, jika Anda ingin memasang komponen ini sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut selengkapnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (12/1/2021) dari laman Liputan6.com.

Memerhatikan Kualitas Bahan

Berhubung posisi talang air yang dipasang di bagian luar mobil, tentu setiap harinya akan terpapar panas, hujan, dan angin. Oleh karena itu, kualitas bahan sangat menentukan keawetannya. Caranya, Anda bisa memilih bahan yang agak tebal dan elastis.

Memilih bahan yang tebal tentunya agar talang air tidak mudah pecah atau menjadi pipih bila terkena angin yang kencang. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan elastisitas bahan. Bahan yang terlalu kaku dikhawatirkan akan cepat retak dan pecah bila sering terkena panas matahari.

Perhatikan Warna

Ada beberapa pilihan warna talang air pada mobil, yaitu warna silver, bening atau transparan, dan hitam pekat (solid black). Pemilihan warna ini sebenarnya menurut selera masing-masing. Namun demikian, Anda harus mempertimbangkan kemungkinan warna akan pudar.

Faktor cuaca utamanya akan memengaruhi perubahan warna asli talang air pada mobil. Tidak akan bermasalah jika warnanya pudar secara merata. Namun, jika warnanya menjadi belang-belang, hal ini justru mengurangi nilai estetika.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda mencari tahu terlebih dahulu talang air yang tahan di segala cuaca. Dengan begitu Anda tidak akan khawatir lagi dengan warna yang kemungkinan akan pudar di kemudian hari.

Lihat Komponen Pelengkap

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya yaitu komponen pelengkap. Anda tentunya memerlukan perekat dua sisi atau double tap untuk menempelkan talang air ke mobil.

Jadi, Anda harus cermat dalam memilih perekat mengingat talang air rentan terpapar cuaca dan tekanan angin. Biasanya, bagian depan lebih banyak menahan beban angin sehingga talang air mudah terlepas.

Lain halnya apabila Anda menggunakan talang air injeksi, yaitu talang air yang agak tebal dan berat. Anda harus menambahkan klip atau baut untuk mendukung double tape. Anda juga harus memastikan bahwa Anda terpasang kokoh sehingga tahan terhadap cuaca dan tekanan angin.

Lihat Ukuran Talang Air

Ukuran talang air untuk mobil terdapat beberapa pilihan, yaitu jumbo, semi jumbo, dan ultra slim. Memilih ukuran talang air ini hendaknya disesuaikan dengan fisik serta kebutuhan mobil. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga estetika dan fungsi talang air itu sendiri.

Anda dapat memasang ukuran ultra slim untuk mobil kecil. Sedangkan untuk mobil kelas besar Anda dapat menggunakan ukuran jumbo atau semi jumbo.

Jika mobil kecil menggunakan talang air besar, akan terlihat kurang estetis. Sedangkan talang air kecil pada mobil besar akan sedikit kehilangan fungsinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.