Ingin Perawatan Mobil Tetap Murah? Lakukan 3 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Pemilik mobil wajib menjaga performa kendaraannya. Salah satunya dengan melakukan perawatan berkala agar kendaraan tetap optimal meskipun digunakan bertahun-tahun.

Melakukan tidak harus ketika mobil sudah bermasalah. Karena jika sudah harus mengganti berbagai komponen mobil maka biaya yang harus dikeluarkan sangat besar. Oleh karena itu, untuk meminimalisir biaya perawatan, sebaiknya pemilik mobil melakukan beberapa hal ini.

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan pemilik mobil agar biaya perawatan tetap murah? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Garda Oto, berikut ini penjelasannya:

Gunakan Suku Cadang Resmi

Usahakan untuk selalu menggunakan suku cadang resmi sesuai jenis mobil. Sebab, apabila Anda sebelumnya berpikir untuk menggunakan suku cadang palsu sebagai solusi menghemat anggaran merawat kendaraan Anda, sebaiknya coba pikir ulang sekali lagi.

Tidak bisa dipungkiri, memang harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli. Namun, ingat suku cadang yang tidak direkomendasikan dapat berpotensi merusak komponen yang ada di dalam mobil.

Bukannya mendapatkan untung, malah berujung rugi. Sebaliknya suku cadang resmi yang direkomendasikan memiliki kualitas baik dan tahan lama.

Lakukan Servis Secara Berkala

Melakukan servis mobil secara rutin justru akan sangat menguntungkan, karena mobil Anda tetap dalam performa yang baik dan kondisi mesin mobil tetap terawat.

Apabila mobil jarang diservis, besar kemungkinan akan muncul masalah-masalah lain. Ikuti pedoman sesuai standar mengenai pemilihan oli, penggunaan bahan bakar yang tepat, pemeriksaan komponen listrik mobil, AC, serta bagian-bagian penting mulai dari filter, karburator, dan lain-lain.

Dengan servis rutin, mesin dan komponen lainnya akan terawat sehingga memungkinkan mobil terhindar dari kondisi rusak berat yang justru membuat harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk perawatan.

Gunakan Asuransi Kendaraan

Jika tidak menggunakan asuransi, tentunya bila terjadi sesuatu pada kendaraan, pasti Anda sendiri yang merasa kerepotan dan harus beralih menggunakan sarana transportasi lain dan biaya perjalanan lebih besar dari uang bahan bakar kendaraan.

Sebaliknya dengan mengasuransikan kendaraan, maka biaya perbaikan akibat kerusakan atau kecelekaan akan ditanggung perusahaan asuransi melalui proses klaim. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlampau mahal untuk perbaikan.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.