PortalMadura.com

Ingin Presentasi Anda Berjalan Lancar? Ini Dia 4 Persiapannya

  • Kamis, 12 Oktober 2017 | 07:00
Ingin Presentasi Anda Berjalan Lancar? Ini Dia 4 Persiapannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Presentasi merupakan suatu aktivitas di mana seseorang mampu berbicara di depan banyak orang. Biasanya kegiatan ini digunakan dalam rapat, tugas sekolah atau kuliah, mengenalkan produk dan berbagai keperluan lainnya.

Berbicara presentasi, pada umumnya tidak semua orang bisa melakukan dengan baik dan benar. Ada sebagian orang yang memandang bahwa kegiatan ini menjadi momok tersendiri bagi dirinya. Padahal, presentasi bisa menjadi modal penting dalam setiap kesempatan.

Selain itu, hal ini bisa menjadi salah satu kemampuan yang perlu dikuasai. Bukan hanya diperlukan dalam dunia kerja, tapi lingkungan pun juga perlu. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan presentasi secara memukau, dibutuhkan beberapa persiapan sebelumnya.

Berikut tips bagi Anda yang ingin belajar berani tampil berbicara di depan umum sebelum presentasi:

Tujuan Presentasi
Sebelum presentasi, Anda harus mengetahui tujuannya dahulu. Mulai dari presentasi yang bertujuan memberikan informasi tentang sesuatu hal, presentasi membujuk orang, atau hanya untuk menghibur.

Baca Juga:  Enggan Tanda Tangan Pakta Integritas, Kepala Kemenag Dituntut Mundur

Setelah mengetahui tujuan presentasi, Anda harus mengetahui mengenai penonton. Audience tersebut mewakili golongan atau komunitas tertentu atau sikap para penonton tersebut. Hal itu perlu diperhatikan agar Anda bisa berinteraksi dengan para penonton.

Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

Setelah itu, Anda harus mengetahui berapa menit Anda harus berbicara dan setting mengenai tempat presentasi.

Hargai Waktu
Sebelum presentasi ada baiknya Anda mempersiapkannya terlebih dahulu. Berlatih, rencanakan, dan persiapkan sebelum presentasi.

Mengatur waktu presentasi sesuai dengan waktu yang disediakan. Bagi waktu dengan baik untuk menyiapkan alat-alat pendukung, waktu untuk memperkenalkan diri, waktu untuk inti presentasi, dan waktu untuk sesi tanya-jawab.

Relevan
Pikirkan poin-poin paling penting yang wajib Anda persiapkan agar menghemat waktu. Masukan poin-poin tersebut ke dalam slide presentasi, dan imbangi dengan visual seperti gambar atau video. Perlu diingat, sampaikan hanya satu ide untuk satu slide presentasi agar audience fokus pada poin yang ingin Anda tekankan.

Baca Juga:  "Merengkuh Asa", Bangkitkan Gerakan Literasi di Langsa Aceh Timur

Buat Catatan
Buatlah teks yang mudah dibaca. Pakai pena yang berujung tebal, atau print catatan Anda dan tebalkan apa yang perlu untuk disampaikan. Gunakan hanya dua pertiga halaman agar tidak perlu meng-klik sampai bawah.

Terakhir, jangan gunakan pakaian atau perhiasan berlebihan yang membuat orang lebih fokus melihat penampilan Anda ketimbang materi presentasi Anda.

Tidak hanya pakaian, sebelum presentasi tetap pakai kepala dingin untuk menghadapi segala bentuk presentasi dan menghadapi secara tenang orang-orang sekeliling Anda. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional