Ingin Semangat Berolahraga Tetap Membara? Ikuti 7 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Semangat Berolahraga Tetap Membara? Ikuti 7 Cara Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memulai kebiasaan berolahraga tentunya sangat sulit, apalagi bagi seseorang dengan rutinitas yang padat. Padahal manfaat sangat banyak sekali bagi tubuh, seperti menjaga berat badan, mengaktifkan organ tubuh, sampai menjadikan awet muda.

Oleh karena itu, biasakan berolahraga meskipun hanya dua kali seminggu daripada tidak sama sekali. Lantas bagaimana jika semangat berolahraga sudah mulai kendor? Apa yang bisa Anda lakukan untuk kembali bersemangat?

Berikut ini caranya:

Mulai dengan Olahraga Sederhana
Jika kondisi tubuh sedang lelah, coba ubah rutinitas latihan dengan hal yang lebih sederhana agar tubuh tidak kewalahan. Coba mulai dengan berjalan kaki selama 20 menit atau lakukan jogging. Jangan lupa untuk melakukan peregangan sederhana agar Anda tetap aktif bergerak.

Coba Jenis Olahraga Baru
Bisa jadi Anda bosan melakukan olahraga yang itu-itu saja. Cobalah aktivitas olahraga baru yang menarik bagi Anda. Sekarang ini banyak jenis olahraga variatif yang ditawarkan. Misalnya bersepeda malam, hot yoga, panjat tebing, atau power walking.

Latihan di Rumah
Lakukan latihan rutin Anda di dalam rumah. Sehingga saat Anda tidak ingin keluar, Anda tetap bisa melakukan latihan rutin dan tetap membuat tubuh bergerak.

Ajak Teman
Mengajak teman untuk latihan bersama dapat menambah semangat Anda dan menghilangkan perasaan tertekan. Mempunyai gym buddy seperti ini bisa bikin suasana hati akan menjadi lebih baik.

Anda juga bisa mendapatkan partner berolaharaga sambil bersosialisasi dengan bergabung di komunitas olahraga di kota Anda.

Cobalah Latihan Interval Intensitas Tinggi
Latihan ini berlangsung selama 10-30 menit sekali atau 2 kali dalam seminggu. Porsi latihan terdiri dari latihan aerobik intensitas rendah seperti berjalan dan dilanjutkan dengan latihan intensitas tinggi seperti berjalan cepat.

Rencanakan dengan Baik
Pasang alarm dan tata pakaian olahraga Anda dekat tempat tidur. Cara ini membuat Anda bisa lebih siap untuk berlatih.

Gunakan Jasa Pelatih
Jika perlu mintalah bantuan dari seorang pelatih. Sama seperti seorang teman, pelatih dapat membantu mendorong Anda untuk lebih rajin dan membekali Anda dengan tips-tips kebugaran yang tepat pula.

Demikian cara-cara yang bisa dicoba jika Anda ingin lebih disiplin dalam berolahraga. Pilih saja yang paling sesuai dengan diri Anda. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.