Ingin Sepeda Motor Anda Aman dari Risiko Pencurian? Ini Triknya

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Sepeda Motor Anda Aman dari Risiko Pencurian? Ini Triknya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini aksi pencurian memang sering terjadi. Para pelaku seperti tidak mengenal tempat dan waktu untuk melakukan aksinya. Bahkan, mereka dengan cepat dan cekatan bisa menggondol sepeda motor hanya dalam hitungan detik.

Oleh karena itu, sebagai pengguna sepeda motor alangkah lebih baiknya selalu berhati-hati pada saat memarkir. Pilih yang aman meskipun dengan biaya yang agak mahal. Selain itu, gunakan kunci pengaman ekstra atau kunci rahasia saat memarkir.

Namun kali ada sebuah metode yang cukup sederhana namun dapat mengurangi risiko pencurian. Seperti dilansir Honda Cengakreng, salah satu cara yang patut dilakukan yakni mengubah arah setang pada saat mengunci sepeda motor.

Mengunci motor dengan cara setang menghadap ke kiri saat diparkikan memang sudah biasa.

Namun begitu, hal itu dipercaya bahwa pelaku pencurian memiliki keahlian lebih jika membobol sepeda motor yang dikunci menghadap kiri. Jika mengunci sepeda motor dengan cara setang menghadap kiri, maka ruang gerak pelaku akan lebih leluasa.

Oleh karena itu, dengan kebiasaan tersebut maka para pelaku juga akan terbiasa dan dapat lebih bebas. Akibatnya resiko motor Anda hilang semakin besar.

Karena itu, untuk menjaga keamanan ada baiknya mengunci motor dengan cara posisi setang menghadap ke kanan.

Tidak banyak yang mengetahui tentang arah kunci setang ke kanan ini sangat bermanfaat dibanding kunci setang ke kiri.

Keunggulan setang ke arah kanan sendiri antara lain, ruang gerak untuk membobol dengan kunci T akan terasa tidak bebas dan lebih sempit.

Maling akan lebih susah dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding arah ke kiri.

Trik ini memang bukan jaminan motor menjadi bebas dari target pencurian, akan tetapi Anda jadi dapat mengurangi risiko pencurian. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.