Ingin Sukses Meniti Karier di Bidang Sales? Begini 5 Triknya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Sukses Meniti Karier di Bidang Sales? Begini 5 Triknya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tenaga penjualan atau yang biasa disebut dengan sales memiliki peranan penting dalam suatu perusahaan. Karena, semakin baik karyawan tersebut melakukan pemasaran dan penjualan, tentu saja akan berpengaruh pada kesuksesan perusahaan.

Pada hakikatnya memang tidak mudah, sebab banyak tantangan yang perlu dijalaninya. Akan tetapi, bagi Anda yang meniti di divisi sales ini dan bisa melewatinya, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan kesempatan dipromosikan menjadi senior sales-person, sales manager, atau sales director. Jadi, Anda jangan pernah menyerah menjalankannya.

Lantas, apa yang harus dilakukan?. Berikut ini 5 tips meniti karier yang :

Komunikasi
Menjadi sales yang handal berarti memiliki kemampuan untuk berelasi dengan klien ataupun calon klien. Untuk itulah seorang sales perlu terus meningkatkan kemampuan komunikasi. Di tengah arus perkembangan era digital, Anda juga perlu menguasai teknik-teknik komunikasi digital yang efisien dan efektif. Di atas segalanya, Anda perlu tahu batas antara persuasif dan memaksa.

Pengelolaan Waktu
Sebagai seorang sales, waktu kerja Anda adalah “segalanya”. Jika Anda tidak dapat mengelola waktu dengan efisien, efektifitas performa Anda pun akan terpengaruh. Kenali dengan baik apa saja yang umumnya Anda perlu lakukan setiap hari. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mudah menentukan prioritas serta alokasi watu bagi masing-masing jenis tugas.

Pendengar yang Baik
Dalam menjalani karier di bidang sales, Anda mungkin sudah sangat terlatih untuk berbicara mempromosikan produk perusahaan. Akan tetapi, pernahkah Anda mencoba untuk mendengar apa yang sesungguhnya konsumen ingin tahu dari produk tersebut?.

Dengan mendengar konsumen, upaya Anda mempromosikan produk akan lebih terarah. Masukan-masukan yang didapat bisa Anda sampaikan pada bagian-bagian terkait di perusahaan, dan Anda bisa mendapat nilai plus atas masukan tersebut.

Kesabaran
Perlu kesabaran untuk bisa menjaring konsumen dan membangun database klien loyal. Pada saat mempromosikan produk, kesabaran berguna agar Anda tidak tergesa-gesa atau terkesan memaksa konsumen sehingga mereka justru menjauh. Untuk tujuan jangka panjang, kesabaran sangat penting agar Anda tidak mudah putus asa dalam meniti karier.

Keuangan
Pendapatan seorang sales umumnya fluktuatif bergantung pada performa pencapaian target. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki kemampuan beradaptasi dalam pengaturan pemenuhan kebutuhan, sesuai dengan jumlah pemasukan yang diterima.

Jika kali ini Anda mendapat jumlah pendapatan besar, ada baiknya ditabung sebagian agar tidak kelabakan saat pendapatan menurun karena performa yang sedang tidak bagus.

Demikian beberapa tips cerdas bagi Anda yang ingin sukses meniti karier di . Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berjuang. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.