PortalMadura.com

Ingin Tahu Kampas Rem Anda Sudah Tipis atau Tidak? Begini Cara Deteksinya

  • Rabu, 27 September 2017 | 15:00
Ingin Tahu Kampas Rem Anda Sudah Tipis atau Tidak? Begini Cara Deteksinya
Ilustrasi (otomania.com)

PortalMadura.Com – Rem merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan. Fungsinya sebagai alat untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan saat digunakan. Jadi, alat ini menjadi faktor utama dalam menjaga keselamatan pengendara.

Nah, agar sistem pengeremannya tetap berjalan dengan baik. Tentunya dibutuhkan perawatan yang intens dan berkala. Salah satunya dengan memeriksa kondisi kampas rem apakah masih bagus atau sudah mulai menipis hingga minta diganti.

Sudah tahu caranya?. Ada beberapa ciri kampas rem sudah harus diganti. Pertama adalah bunyi berdecit. Mengapa demikian?. Sebab bunyi decit merupakan indikasi adanya kotoran masuk di antara kampas dan cakram. Tapi juga bisa jadi indikasi pelat kampas rem sudah bersinggungan langsung dengan cakram karena kampas rem sudah habis.

Baca Juga:  Guys, Kenali Bahaya Jika Anda Cuci Mobil Pakai Spons
Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

Oleh karena itu, untuk memastikan apakah bunyi decit berasal dari kotoran atau kampas habis, Anda harus melepas ban di area yang berbunyi. Setelah ban terlepas, baru bisa melihat ketebalan kampas rem melalui celah di tengah kaliper. Jika benar kampas rem masih tebal, buka kaliper untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Jika belum sempat melepas ban, ada trik sederhana untuk mengecek kondisi kampas rem, yakni dengan memeriksa ketinggian volume minyak rem pada wadahnya yang ada di dekat master rem. Caranya buka dulu kap mesin, lalu lihat ketinggian volume minyak rem.

Jika berkurang dari area tengah, itu indikasi kampas rem mulai menipis. Tapi sebelum memvonis, ada baiknya pastikan tidak ada kebocoran minyak rem di semua peranti komponen vital. (viva.co.id/Putri)

Baca Juga:  Inilah Manfaat Baking Soda Untuk Kaca Mobil Yang Perlu Anda Ketahui
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional