oleh

Ingin Terhindar dari Jebakan Hoax? Lakukan 5 Cara Ini

PortalMadura.Com – Semakin berkembangnya Media Sosial (Medsos) di masyarakat tentu membawa dampak positif dan negatif. Seperti saat ini yang sedang marak-maraknya berita hoax atau palsu.

Bahkan, banyak pihak yang menjadi korban dan dirugikan atas tersebarnya berita palsu itu. Jika Anda tidak waspada, maka netizen akan ikut termakan tipuan hoax, dan bisa ikut menyebarkannya. Untuk itu, Anda harus bisa membedakan mana berita yang nyata atau hanya hoax saja.

Berikut lima cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari jebakan hoax:

Cek Sumber Berita
Tidak jarang Anda akan menemukan berita mengejutkan via media sosial atau grup aplikasi pengirim pesan. Namun, sebelum menyebarkan berita itu, sebaiknya Anda memeriksanya terlebih dulu.

Baca artikel dengan saksama. Perhatikan tautan atau domain situs, apakah ia merupakan domain dari media yang memang terdaftar di Dewan Pers. Berhati-hatilah jika sumber itu bukan media terdaftar.

Cek Kebenaran Berita
Dengan internet, Anda dapat dengan mudah memeriksa kebenaran sebuah kabar. Misalnya, Anda mendapatkan berita bahwa sebuah situs melakukan diskon atau promosi.

Sebaiknya Anda memeriksanya langsung ke situs resmi pihak yang dikabarkan melakukan diskon itu. Hal yang sama bisa dilakukan untuk memeriksa kebenaran berita lain.

Tetap Tenang
Di internet, Anda akan sering menemukan berita yang mengundang kontroversi. Saat membaca berita seperti ini, sebaiknya Anda tidak segera menyebarkannya ke orang lain. Sebaiknya, periksa kembali sumber berita, apakah ia memang media yang kredibel.

Jika masih tidak yakin, tidak ada salahnya jika Anda mencari berita yang sama dari media yang berbeda. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan kebenaran informasi yang ada.

Bantu Orang Terdekat Mengenali Hoax
Jelaskan tentang cara untuk mengenali hoax pada teman dan keluarga. Dengan begitu, Anda bisa membantu orang-orang terdekat agar tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong.

Perbanyak Referensi
Ketika Anda tidak yakin akan kebenaran sebuah berita, sebaiknya Anda perbanyak bacaan terkait topik itu, baik dari media yang sama atau dari media yang berbeda. Semakin banyak referensi yang Anda punya, semakin jelas informasi yang Anda dapatkan. (metrotvnews.com/Salimah)


Komentar