Ingin Tetap Langsing di Bulan Ramadan? Ini 8 Cara Buka Puasa yang Benar

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Tetap Langsing di Bulan Ramadan? Ini 8 Cara Buka Puasa yang Benar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Di bulan Ramadan sebagian besar orang khawatir berat badan naik disebabkan ngemil di malam hari. Hal itu wajar karena ajakan diluar dengan menu yang bervariasi dan susah mengatur pola makan.

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menjaga berat badan selama Bulan Ramadan, karena dengan menerapkan beberapa hal ini, Anda bisa menjaga berat badan dan tetap langsing di Bulan Ramadan. Penasaran?

Berikut penjelasannya:

Kombinasi Karbohidrat Komplek dan Air Putih
Awali buka puasa dengan banyak minum air putih. Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, kurma, kacang hijau, kacang merah atau roti gandum. Mengisi perut dengan makanan tinggi karbohidrat komplek dipadu air putih yang cukup, bukan hanya bisa membuat kenyang lebih lama tapi juga mengurangi makan lebih banyak.

Makan Ikan
Jadikan ikan sebagai lauk utama, bukan hanya karena ikan merupakan protein hewani yang baik untuk diet, tapi juga rendah lemak, rendah kalori dan kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makan makanan ikan laut yang tinggi asam lemak omega 3 seperti salmon dan tuna. Bisa juga cumi, udang dan ikan laut lainnya.

Daging Merah
Lebih baik tidak mengonsumsi daging merah setiap hari karena kandungan lemaknya bisa memicu kolesterol dan kegemukan. Tapi jika daging sapi diolah dengan tidak menggunakan minyak atau dibakar, bisa jadi menu sehat buka puasa.

Ganti dengan Nasi Merah
Kebiasaan makan nasi putih sebaiknya diganti dengan makan nasi merah. Nasi merah lebih rendah kalori, mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi sehingga sangat baik sebagai menu makan saat diet dan buka puasa.

Hindari Makanan yang Digoreng
Akan lebih baik jika menghindari makanan yang digoreng. Makan gorengan memang enak, gurih dan memuaskan keinginan makan, namun tidak baik untuk kesehatan. Minyak bukan hanya meningkatkan kolesterol dan lemak, tapi juga membuat gemuk.

Konsumsi Serat
Serat sangat penting untuk menjaga berat badan karena membuat perut kenyang dan mencegah Anda makan berlebihan. Kurangi nasi putih dan makanlah makanan tinggi serat seperti dari buah-buahan dan sayuran.

Hindari Makanan dan Minuman Bersantan
Makanan bersantan memang menggugah selera tapi juga tinggi lemak yang justru bisa merusak program diet dan membuat Anda cepat gemuk. Kurangi atau sebaiknya hindari makan makanan bersantan.

Hindari Fast Food
Ini adalah pilihan terburuk untuk buka puasa. Makanlah makanan yang sehat, bukan makanan cepat saji yang justru tinggi lemak dan natrium yang justru bisa membuat Anda gemuk.

Jadi, pastikan Anda menerapkan delapan cara di atas untuk bisa menjaga berat badan sehat dan langsing selama Bulan Ramadan ya ladies. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.