Ingin Tidur Anda Makin Nyenyak dan Berkah? Berwudulah Sebelum Tidur

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Tidur Anda Makin Nyenyak dan Berkah? Berwudulah Sebelum Tidur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang butuh istirahat dari aktivitas yang dilakukannya sehari-hari, salah satunya dengan tidur. Dalam ajaran agama islam, jika Anda ingin tidur makin nyenyak dan makin berkah, sebelumnya disunahkan untuk berwudu dan berdoa.

Pada dasarnya, tidak hanya bisa dilakukan sebelum mendirikan salat saja, melainkan juga sebelum membaca Alquran atau beribadah lainnya. Namun, wudu juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan . Diriwayatkan dari Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, “Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci” (Hr. Ibnu Hibban & Ibu Umar r.a).”

Tidak hanya didampingi Malaikat selama tidur, berwudu sebelum tidur juga memiliki banyak manfaat. Nah ini beberapa manfaat berwudhu sebelum tidur yang harus Anda ketahui:

Menjaga Kesehatan Kulit & Wajah
Para ahli agama percaya bahwa berwudu sebelum tidur akan membantu seseorang memiliki kulit yang sehat, bersih dan cerah. Hal ini terjadi karena dengan berwudu, Anda sama saja dengan membersihkan kulit dari berbagai kotoran dan kuman yang kemungkinan besar menempel di kulit dan wajah.

Perasaan Tenang & Nyaman Saat Tidur
Dengan melaksanakan wudu sebelum tidur, hal ini akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman. Apalagi, jika dibarengi dengan membaca doa sebelum tidur dan berdzikir sebelum tidur.

Otot-Otot di Tubuh Menjadi Lebih Rileks
Air wudu yang menyegarkan, dikatakan bisa membuat otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Memang, awalnya menyentuh air akan terasa sangat dingin. Namun, jika hal ini dilakukan secara ikhlas dan tulus, dinginnya air malam tentu tidak akan terasa lagi dan aktivitas berwudu pun akan semakin menyenangkan. Ketika otot tubuh rileks dan pikiran nyaman, tidur pun pasti akan lebih berkualitas dan mengesankan.

Mencegah Risiko Terserang Virus dan Kuman Berbahaya
Air wudu yang segar akan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap virus maupun kuman. Wudu yang merupakan aktivitas bersuci akan membuat tubuh menjadi lebih bersih dan kuman serta virus yang mungkin akan menyerang menjadi hilang bersama air wudu yang membasuh anggota tubuh.

Semakin Dekat Dengan Sang Pencipta
Wudu merupakan salah satu aktivitas ibadah yang begitu mulia. Saking mulianya, disarankan agar Anda selalu menjaga wudu dan kesucian diri. Wudu juga dilakukan setiap kali seseorang akan melakukan ibadah dan bertemu dengan sang pencipta. Untuk itu, tidak heran jika orang-orang yang selalu menjaga wudunya akan semakin dekat dengan sang pencipta dan semakin tulus dalam beribadah kepada sang pencipta.

Mengatasi Masalah Insomnia
Bagi Anda yang sering kali merasa tidak bisa tidur atau insomnia, disarankan agar Anda mengambil air wudhu sebelum tidur. Karena wudhu akan membuat otot lebih rileks, pikiran lebih tenang dan nyaman serta malaikat senantiasa menemani Anda saat tidur, bisa jadi hal ini akan membuat Anda terbebas dari masalah insomnia dan tidur malam Anda pun akan semakin berkualitas. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.