Ini 3 Cara Aman Jaga Smartphone Anda Selama liburan Akhir Tahun

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Cara Aman Jaga Smartphone Anda Selama liburan Akhir Tahun
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini hampir semua orang sudah mulai mempersiapkan liburan akhir tahun. Mulai merencanakan tujuan yang ingin di kunjungi. Namun, satu hal yang tidak boleh ketinggalan ketika berlibur yaitu .

Karena smartphone bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan, selain berfungsi sebagai alat komunikasi juga untuk mengabadikan momen entah itu video atau foto. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kondisi smartphone agar dapat digunakan secara optimal selama liburan akhir tahun.

Nah, berikut ini beberapa tips singkat untuk menjaga performa smartphone selama liburan:

Optimalkan Baterai
Baterai merupakan komponen penting dari sebuah smartphone. Sebab, baterai merupakan daya utama dari smartphone untuk melakukan beragam tugasnya.

Apabila baterai habis, hampir dapat dipastikan kegiatan, seperti mengambil foto atau membuka media sosial pun tidak dapat dilakukan.

Untuk itu, ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar baterai smartphone Anda dapat bertahan lebih lama. Beberapa cara di antaranya adalah:

– Mengurangi tingkat keterangan layar (brightness level) dan nyalakan modus power saving

– Hindari penggunaan aplikasi yang dapat menyedot daya baterai dengan cepat

– Pastikan memakai kabel data dan charger asli

– Selalu isi ulang smartphone dalam kondisi listrik yang stabil, sebab listrik yang tidak stabil dapat mempengaruhi performa baterai

– Manfaatkan fitur Device Maintenance yang ada di smartphone Samsung

– Pastikan bawa perangkat fast charging atau power bank

Jaga Kapasitas Memori
Merekam momen saat liburan merupakan salah satu aktivitas utama saat liburan. Karenanya, penting untuk mengatur kapasitas memori yang tersedia dengan cara-cara berikut ini:

– Atur manual kualitas foto menjadi lebih rendah agar dapat menyimpan lebih banyak

– Pastikan semua foto dan video disimpan dalam kartu memori

– Aktifkan fitur penyimpanan awan (Cloud)

Lindungi Data Pribadi
Hal lain yang tidak kalah penting adalah mengamankan data yang berada di dalam smartphone. Meski tidak diharapkan terjadi, kehilangan smartphone saat liburan tentu akan sangat mengesalkan.

Selain kegiatan terganggu, seluruh data yang ada di perangkat, mulai dari nomor telepon, foto, hingga data penting lain rentan dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab. Anda dapat meminimalisir masalah tersebut dengan sejumlah cara berikut ini:

– Gunakan password di aplikasi dan data penting

– Aktifkan fitur smartphone Samsung, Find My Mobile untuk mendeteksi dan melindungi perangkat dari pencurian data. Dengan fungsi ini, Anda dapat mengurangi risiko kebocoran data yang ada di perangkat. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.