Ini 3 Cara Jitu Rapikan Isi Google Drive Agar Tak Bingung

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Cara Jitu Rapikan Isi Google Drive Agar Tak Bingung
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu layanan komputasi awan atau cloud yang disediakan google dengan kapasitas yang besar untuk setiap akun Google, yaitu . Sayangnya, masih banyak orang yang memiliki akun Google atau gmail tidak memanfaatkan layanan itu.

Padahal, dengan memanfaatkan Google Drive Anda tidak lagi perlu membawa flash disk atau media penyimpanan lain yang mudah hilang dan terkena serangan virus. Sebab, Google Drive bisa dipergunakan untuk berbagai hal dan backup data Anda.

Selain itu, Anda bisa mencadangkan beragam jenis data, misalnya dokumen, foto, dan video. Namun, jika Anda melakukan backup secara asal unggah hal tersebut akan menyulitkan Anda di kemudian hari. Nah, untuk menghindari hal itu caranya cukup mudah, buat folder yang bisa membuat data Anda lebih rapi.

Berikut tiga cara merapikan Anda agar tidak bingung di kemudian hari:

Unduh Aplikasi Google Drive di Perangkat
Perangkat smartphone biasanya aplikasi Google Drive sudah langsung terpasang, jka belum maka unduh dari layanan Play Store. Buka aplikasinya, biasanya aplikasi Google Drive akan langsung terintegrasi dengan akun Google atau Gmail yang Anda gunakan di smartphone.

Apabila Anda memakai dua akun Google atau Gmail sekaligus di perangkat, maka pilih salah satu. Klik ikon yang ada di sudut kiri atas aplikasi, di sebelah tulisan “My Drive”. Nanti akan muncul sebuah side tab, di bagian atas pilih akun Google yang ingin digunakan.

Buat Folder Baru
Jika sudah memilih akun Google atau Gmail yang ingin digunakan maka kini Anda bisa mulai membuat folder. Caranya, klik ikon biru berlambang + dengan warna biru di sudut kanan bawah aplikasi. Anda akan diberikan kotak menu berisi beberapa pilihan yang bisa dilakukan di Google Drive. Pilih ikon paling kiri yang bertuliskan folder, lalu Anda akan diminta mengisi nama folder baru yang akan dibuat.

Jika sudah, folder baru tersebut langsung terlihat di halaman awal aplikasi Google. Lakukan langkah ini setiap Anda ingin membuat folder baru.

Menyimpan Data ke Folder
Selajutnya, untuk menyimpan data ke folder Google Drive caranya tidak berbeda dengan berbagi data yang biasa Anda lakukan. Misalnya, Anda ingin membagikan foto-foto di galeri, tandai setiap foto tersebut lalu dipilihan cara berbagi cukup pilih ikon Google Drive.

Anda tinggal mengganti folder tempat penyimpanan data-data tersebut ke folder sesuai dengan nama folder yang tadi Anda telah buat. Jadi, kini Anda akan mudah mengingat lokasi data yang Anda backup. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.