Ini 3 Layanan Streaming Ramah Anak

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Layanan Streaming Ramah Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semakin canggihnya layanan internet saat ini memudahkan penggunanya mengakses berbagai macam informasi, baik berupa gambar, suara ataupun video.

Berbicara tentang video, konsumsi video atau lagu sekarang ini sudah beralih ke platform atau aplikasi online secara streaming. Tidak heran, akses untuk mendapatkan beragam konten video pun semakin dipermudah.

Walaupun keberadaannya dipermudah, tapi ada sisi negatif yang terkadang membuat orang tua merasa khawatir. Maksudnya, segala kemudahan itu juga memicu masalah tersendiri bagi orang tua.

Alasannya, anak-anak mereka dapat dengan mudah mencari beragam video lewat platform tersebut dan tidak jarang ada beberapa yang belum pantas untuk mereka tonton, seperti video dewasa.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya ada beberapa ramah anak atau setidaknya menyediakan konten khusus untuk anak-anak.

Nah, apa saja aplikasi tersebut?. Berikut ini ada beberapa aplikasi streaming ramah anak yang dilansir Liputan6.com dari beberapa sumber:

YouTube Kids

Aplikasi pertama yang ramah anak yaitu YouTube Kids. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan YouTube yang dibuat khusus untuk pengguna anak-anak. Oleh karena itu, konten di dalamnya pun dibuat lebih sesuai dengan anak-anak.

YouTube mengatakan, konten di platform ini sudah dibekali filter otomatis dan peninjauan secara manual. Tidak hanya itu, orang tua dapat memberikan masukan terkait konten di dalamnya.

Hal lain yang penting adalah orang tua dapat mengontrol konten dan durasi menonton anak-anaknya. YouTube juga memungkinkan orang tua memblokir konten yang dianggap tidak sesuai dengannya, sehingga tidak dapat ditonton oleh anak.

Netflix

Berbeda dari YouTube Kids, layanan untuk anak-anak ini berada di aplikasi Netflix, bukan menjadi aplikasi terpisah. Konten untuk anak-anak ini dapat diakses dari akun yang khusus dibuat dengan nama Kids.

Sesuai namanya, konten di dalam bagian ini ramah dan memang ditujukan untuk anak-anak. Netflix mengatakan, konten di dalamnya sudah dikurasi dan diseleksi, sehingga aman dikonsumsi anak-anak.

Tidak hanya itu, orang tua juga dapat mengatur konten yang ditampilkan sesuai dengan usia anak, seperti balita atau sudah lebih dewasa. Sebagai tambahan, orang tua juga dapat mengatur PIN agar anak-anak tidak bisa mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Spotify

Aplikasi yang terakhir yaitu Spotify, hampir mirip seperti Netflix, Spotify juga memungkinkan orang tua untuk mengatur konten yang dapat didengarkan anak-anak. Namun untuk melakukannya, orang tua harus berlangganan paket Premium Family lebih dulu.

Setelah itu, pengguna dapat mengatur apa yang dapat didengar dan tidak bisa didengar oleh anak. Untuk diketahui, Spotify sebenarnya juga sudah merilis aplikasi khusus untuk anak-anak, tapi belum tersedia di Indonesia.

Baca Juga : Ini 2 Perbedaan Spotify Lite dengan Versi Standar

Mengingat aplikasi ini khusus anak-anak, tema lagu di dalamnya lebih terbatas, seperti lagu tema film Disney, lagu tentang dinosaurus, atau kisah anak-anak. Desainnya pun dibuat lebih berwarna dan ceria.

Menurut Spotify, lagu yang ditampilkan di Spotify Kids sudah dipastikan bebas dari bahasa-bahasa kasar atau memiliki unsur kekerasan termasuk penggunaan senjata.

Sebagai catatan, selain tiga layanan di atas, sejumlah kanal TV khusus anak-anak, seperti Disney atau Nickelodeon juga memiliki aplikasi tersendiri dan juga diunduh. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.