oleh

Perempuan Berseragam Mirip PNS Sebar Kalender Bacabup, Bawaslu Sumenep Segera Kirim Surat ke Bupati

PortalMadura.Com, Sumenep – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, segera mengirim surat terhadap Bupati setempat agar mengeluarkan imbauan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan tujuan menjaga netralitas dalam Pilkada yang akan digelar tahun 2020.

Hal itu dilakukan menyikapi ditemukannya perempuan yang menggunakan pakaian mirip dengan seragam ASN di lingkungan Pemkab Sumenep menyebar kalender bergambar salah satu Bacalon kepala daerah. Kalender yang disebar itu bergambar foto Fattah Jassin. Ia merupakan Bacalon yang mendaftar ke PKB.

“Hari ini kami akan mengirimkan surat ke bupati agar Pemkab mengeluarkan imbauan kepada ASN untuk menjaga netralitas pada Pilkada nanti,” kata Komisioner Bawaslu Sumenep, Imam Syafi’i, Selasa (14/1/2020).

Menurut Imam, saat ini pihaknya belum bisa berbuat banyak. Sebab, saat ini masih belum ada penetapan pasangan calon. Bahkan tahapan pendaftaran kepala daerah pun belum dimulai.

“Kalau sudah ada penetapan calon dan ditemukan ada ASN yang ikut politik praktis, kami pasti bertindak. Kalau sekarang kan belum ada penetapan calon, jadi kami hanya bisa mengirim surat ke bupati agar mengeluarkan imbauan,” ucapnya.

Baca Juga : Kasus Tebu, Kejari Sampang Kembalikan Uang Korupsi Rp 9,9 Miliar ke Kas Negara

Sesuai aturan yang ada, ASN dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis atau berafiliasi dengan partai politik.

Penulis : Samsul Arifin
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE